Studi: Jam Tidur Anak Tidak Teratur, Dampaknya ke Tumbuh Kembang

M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
Studi: Jam Tidur Anak Tidak Teratur, Dampaknya ke Tumbuh Kembang
Jam tidur anak tidak teratur dampaknya ke tumbuh kembang. (Shutterstock)

Waduh, ini dampaknya jika jam tidur anak tidak teratur.

Suara.com - Studi: Jam Tidur Anak Tidak Teratur, Dampaknya ke Tumbuh Kembang

Terkadang, sulitnya mengajak anak-anak untuk tidur di jam yang tepat membuat ibu merasa lebih mudah membiarkan anak-anak tertidur kapan pun mereka mau.

Padahal, hal ini bisa berpengaruh pada tumbuh kembangnya secara keseluruhan lho.

Sebuah studi di Inggris mengamati kebiasaan tidur 10 ribu anak berusia 3 hingga 7 tahun.

Dilansir Motherly, studi tersebut menemukan bahwa anak-anak dengan waktu tidur tidak teratur memiliki lebih banyak masalah perilaku daripada mereka yang memiliki rutinitas tidur yang teratur.

Tak hanya itu, studi yang diterbitkan pada 2013 di jurnal Pediatrics ini juga menemukan bahwa sekitar 20 persen orang tua mengatakan anak mereka yang berusia 3 tahun tidak memiliki waktu tidur yang konsisten.

Para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang tidak memiliki waktu tidur yang tetap, memiliki skor yang lebih tinggi ketika datang ke hal-hal seperti ketidak bahagiaan, tidak pengertian, dan berkelahi. Anak-anak tanpa waktu tidur teratur disebut juga lebih rentan mengalami masalah.

Menurut peneliti utama studi tersebut, Yvonne Kelly, menempatkan anak-anak ke tempat tidur pada jam 8 malam dan jam 10 malam menghasilkan semacam 'sosial jet lag' walaupun mereka mendapatkan jam tidur yang sama.

"Walau tidak naik pesawat, sistem tubuh anak-anak dibuat melalui zona waktu yang berbeda, dan sebagai akibatnya ritme sirkadian dan sistem hormon mereka terganggu," jelas Kelly dalam artikel 2017 yang ditulisnya untuk The Conversation.

Dalam artikel itu dia menjelaskan bahwa timnya juga menemukan fakta penting, bahwa efek negatif akibat jam tidur tidak teratur bisa dihilangkan.

Dampak buruk jam tidur anak tidak teratura bisa dikembalikan. (Shutterstock)
Dampak buruk jam tidur anak tidak teratur bisa dikembalikan. (Shutterstock)

Ketika anak-anak dalam penelitian ini beralih dari waktu tidur yang tidak teratur ke waktu tidur yang teratur, ada peningkatan yang terukur dalam perilaku mereka.

"Ini menunjukkan bahwa tidak ada kata terlambat untuk membantu anak-anak kembali ke jalur positif, dan perubahan kecil dapat membuat perbedaan besar pada seberapa baik mereka melangkah," jelasnya.

Dalam sebuah studi lanjutan yang diterbitkan pada tahun 2017 para peneliti menemukan bahwa waktu tidur yang tidak teratur tidak hanya berdampak pada perilaku, tetapi juga dapat menempatkan anak-anak pada risiko obesitas dan harga diri yang rendah, serta nilai matematika yang lebih buruk.

Waktu tidur teratur, di sisi lain, dapat memiliki dampak positif pada perkembangan, kesehatan, dan perilaku anak.

Jadi, lain kali jika Anda tergoda untuk membiarkan mereka tidur semau mereka, ingatlah bahwa ini akan berdampak pada banyak hal dalam hidup anak ya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS