Berhubungan Seks Setelah Melahirkan, Wanita Harus Lakukan 4 Hal Ini Dulu

Vika Widiastuti
Berhubungan Seks Setelah Melahirkan, Wanita Harus Lakukan 4 Hal Ini Dulu
Ilustrasi bercinta, hubungan seks. (Shutterstock)

Senam kegel dipercaya bisa mengurangi rasa sakit pada organ intim selama berhubungan seksual setelah persalinan.

Suara.com - Aktivitas seksual pasangan suami-istri (pasutri) biasanya berkurang saat istri hamil. Namun, aktivitas seksual setelah melahirkan umumnya diperbolehkan dalam kurun waktu 4-6 minggu setelah persalinan normal maupun caesar.

Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan seorang wanita sebelum melakukan hubungan seksual setelah melahirkan agar tak merasa kesakitan dan memberi kepuasan untuk pasangan.

Salah satunya adalah dengan senam kegel guna yang dipercaya bisa mengurangi rasa sakit pada organ intim selama berhubungan seksual setelah proses persalinan.

Karena, latihan kegel otot-otot dasar panggul dapat membantu memberikan kekuatan dan stabilitas pada area vagina setelah mealahirkan.

Biasanya, seorang wanita melatih otot dasar panggul dengan menahan aliran urin ketika sedang buang air kecil. Namun, berikut ini langkah-langkah senam kegel yang benar dilansir HiMedik dari medicalnewstoday.com:

ilustasi langkah yang perlu dilakukan wanita sebelum hubungan intim (pixabay)
ilustasi langkah yang perlu dilakukan wanita sebelum hubungan intim (pixabay)

1. Relaksasikan otot dada, perut, paha dan bokong

2. Cobalah untuk menghentikan aliran imajiner mid-flow urin

3. Peras otot-otot panggul dan tahan selama 5-10 detik

4. Istirahat selama 5-10 detik dan ulangi sampai 10 kali lalu ulangi latihan kegel ini 3 kali sehari

Dengan latihan kegel secara rutin dapat membantu kita mengatasi sakit saat hubungan seksual setelah melahirkan.

Selain senam kegel, ada beberapa cara lain agar hubungan seksual setelah melahirkan tetap nyaman seperti bulan awal kehamilan tanpa rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Seperti yang diketahui kondisi vagina setelah melahirkan tentu akan lebih kering dibanding trimester awal kehamilan dan itu pula yang membuat hubungan seksual terasa sakit.

Karena itu, wanita bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit dan mandi air hangat untuk mengurangi kesakitan selama berhubungan seksual setelah melahirkan.

Kita juga bisa meningkatkan pelumasan vagina dengan mengonsumsi berbagai makanan tertentu, foreplay yang lama atau menggunakan cairan pelumas.

Pelumasan vagina, seperti krim atau gel OTC cukup berguna untuk mengatasi kekeringan vagina setelah melahirkan.

Jika sudah menggunakan alat kontrasepsi KB, baiknya memilih pelumas berbasis air atau stimulasi oral agar tidak melemahkan lateks. (HiMedik.com/Shevinna Putti Anggraeni)

Komentar

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS