Bisa Dicoba, Tips Masak Nasi Rendah Karbohidrat untuk Sahur

M. Reza Sulaiman
Bisa Dicoba, Tips Masak Nasi Rendah Karbohidrat untuk Sahur
Ilustrasi memasak nasi rendah karbohidrat. (Shutterstock)

Nutrisionis menjelaskan trik masak nasi yang rendah karbohidrat dan kalori. Seperti apa?

Suara.com - Bisa Dicoba, Tips Masak Nasi Rendah Karbohidrat untuk Sahur

Nasi putih menjadi salah satu menu utama masakan masyarakat Indonesia. Sudah lama, nasi dikaitkan dengan penumpukan karbohidrat, yang berujung pada risiko obesitas hingga berbagai macam penyakit.

Terkait hal ini, nutrisionis Leona Victoria Djajadi, MND, mengatakan ada tips masak nasi yang bisa dicoba untuk mengurangi kandungan karbohidrat pada nasi. Apa itu?

"Jadi nasi yang sudah matang dan didinginkan mempunyai kandungan karbohidrat lebih rendah sampai 10 persen, karena ada perubahan susunan struktur karbohidratnya," ungkap Victoria saat berbincang dengan Suara.com.

Dengan kata lain, nasi sebaiknya dimasak setelah buka puasa. Setelah nasi matang, maka nasi bisa didiamkan supaya dingin.

Ketika akan dimakan saat sahur, nasi bisa dipanaskan kembali. Sehingga nasi tetap hangat dan enak, dengan kadar karbohidrat yang lebih rendah.

"Jadi nasi sudah matang, didinginkan lalu dipanaskan lagi (ketika ingin dimakan)," ujarnya.

Ilustrasi takaran satu porsi nasi. (Shutterstock)
Ilustrasi takaran satu porsi nasi. (Shutterstock)

Victoria juga mengomentari kebiasaan piring orang Indonesia yang terlalu banyak diisi nasi. Padahal, takaran nasi seharusnya seimbang dengan lauk, termasuk sayur-sayuran.

Dijelaskan lulusan University of Sydney, Australia, ini, takaran nasi yang dianjurkan sejatinya hanya satu cangkir atau mangkuk kecil, bukan satu piring penuh.

Untuk mengakali agar konsumsi makanan tidak hanya karbohidrat, Victoria mengatakan bisa dilakukan dengan menggunakan beras merah atau beras hitam yang tinggi kandungan serat.

"Tapi Jika tetap mau nasi putih pulen, bisa juga dicampur dengan beras jagung atau kacang polong beku untuk menaikkan kadar seratnya, sekaligus meningkatkan asupan sayur harian," tutup Victoria.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS