facebook

Biar Asam Lambung Tidak Naik, Ini Tips Tidur setelah Sahur

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi
Biar Asam Lambung Tidak Naik, Ini Tips Tidur setelah Sahur
Tidur nyenyak. (Shutterstock)

Coba perhatikan hal-hal kecil berikut ini kalau memang butuh tidur setelah sahur.

Suara.com - Ketika menjalankan puasa di bulan Ramadan, umat muslim memang disunahkan untuk melakukan sahur. Kegiatan ini tentunya akan mengubah jam tidur selama satu bulan penuh. Jadi sangat wajar jika kita akan merasakan kantuk luar biasa saat makan sahur. Ada yang punya kebiasaan tidur setelah sahur?

Rasa kantuk setelah sahur membuat banyak orang yang bergegas untuk tidur lagi setelah melaksanakan salat shubuh. Memang ada sejumlah dampak negatif yang akan dirasakan kalau langsung tidur setelah sahur. Salah satunya adalah asam lambung yang naik.

Memang sangat disarankan jangan langsung tidur begitu saja setelah sahur. Tubuh kita perlu waktu untuk mencerna semuanya. Langsung tidur hanya akan membuat lemak bertumpuk dan jadi makin buncit. Ini juga yang menyebabkan berat badan menjadi naik.

Tak hanya itu, makanan yang baru masuk ke perut bisa berbalik, tadinya di lambung kemudian malah menuju kerongkongan. Hal itu biasanya disebut refluks.

Baca Juga: Bagi Penderita GERD, Ini Tips Sahur dan Berbuka Agar Asam Lambung Tak Naik

Namun, jangan khawatir. Ada tips tidur setelah sahur agar asam lambung tidak naik.

Ilustrasi sakit perut, kram perut, sakit maag. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit perut, kram perut, asam lambung naik. (Shutterstock)

Kalau kamu mengalami refluks, hal pertama yang akan kamu rasakan adalah kerongkongan terasa panas seperti terbakar. Selain itu, mulut juga akan jadi terasa pahit.

Hal ini tentu akan mengganggu puasamu. Itulah mengapa memberikan jeda waktu setelah sahur dan sebelum kembali tidur sangat penting.

Tips lain selain memberikan jeda waktu adalah mengakhirkan makan sahur. Malam sebelumnya tidurlah lebih awal, lalu saat bangun untuk sahur, tubuh sudah segar.

Masih tidur di pagi hari tidak baik bagi kesehatan, karena Anda tidak akan merasakan manfaat paparan sinar matahari pagi yang dapat membantu menurunkan berat badan. (Shutterstock)
Masih tidur di pagi hari tidak baik bagi kesehatan, karena Anda tidak akan merasakan manfaat paparan sinar matahari pagi yang dapat membantu menurunkan berat badan. (Shutterstock)

Dengan begitu saat selesai makan sahur, tak merasa mengantuk lagi karena kebutuhan tubuh untuk istirahat sudah terpenuhi sebelumnya.

Baca Juga: Penderita Asam Lambung Juga Harus Pilih-pilih Minuman, Apa Saja?

Tips tidur setelah sahur agar asam lambung tidak naik lainnya adalah tidur dengan menggunakan bantal yang lebih tinggi.

Komentar