Catat! Kata Ilmuwan 5 Buah-buahan Ini Bisa Mencegah Kanker

Ririn Indriani

Selasa, 27 Agustus 2019 | 08:15 WIB
Catat! Kata Ilmuwan 5 Buah-buahan Ini Bisa Mencegah Kanker
Ilustrasi: Ilmuwan mengatakan ada banyak buah-buahan yang dapat membantu mencegah kanker. (Shutterstock)

Suara.com - Catat! Kata Ilmuwan 5 Buah-buahan Ini Bisa Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti semua orang, karena selain biaya pengobatannya tinggi, tingkat harapan hidup penderitanya pun kecil  bila jenis kanker apapun yang dideritanya sudah stadium lanjut.

Inilah yang menjadi alasan mengapa langkah pencegahan kanker sangat penting dilakukan, salah satunya  menerapkan gaya hidup sehat dengan olahraga, menjauhi kebiasaan buruk, mengelola stres, istirahat berkualitas, dan mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang.

Anda juga perlu mengetahui bahwa dari sekian banyak makanan sehat, ada buah-buahan yang berkhasiat  mencegah atau mengurangi risiko kanker. Lantas, buah-buahan apa saja yang menurut ilmuwan dapat mencegah kanker? Berikut rangkumannya yang dihimpun Suara.com.

1. Rutin Konsumsi Apel Setiap Hari Turunkan Risiko Kanker dan Masalah Jantung!

Ilustrasi apel (Shutterstock)
Ilustrasi : Rutin makan apel bisa menurunkan risiko kanker  dan jantung. (Shutterstock)

Beruntung lah bagi Anda pecinta apel dan rutin mengonsumsinya, setidaknya satu buah setiap hari!

Menurut penelitian dari Universitas Edith Cowan, Australia, mereka yang mengonsumsi setidaknya 500 miligram flavonoid (senyawa di dalam apel) dalam sehari lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena kanker atau penyakit jantung.

Baca selengkapnya

2. Jangan Dibuang, Biji Pepaya Bisa Diolah untuk Mencegah Kanker

baca juga
Ilustrasi buah dan biji pepaya. (Shutterstock)
Ilustrasi buah dan biji pepaya juga bisa membantu mencegah kanker. (Shutterstock)

Biji pepaya biasanya dibuang saat kita akan mengonsumsi buahnya. Padahal faktanya, biji pepaya juga bisa dimakan dan sarat dengan nutrisi.

Ya, biji pepaya merupakan sumber nutrisi yang sangat baik, seperti fosfor, kalsium, magnesium, serat, protein, dan antioksidan. Tak hanya itu, biji pepaya juga tinggi lemak dan mengandung asam lemak tak jenuh tunggal termasuk asam oleat.

Baca selengkapnya

3. Studi: Tomat Mencegah Kanker Perut

Ilustrasi:  Rutin makan tomat bisa mencegah kanker perut. (Shutterstock)

Tomat merupakan salah satu bahan pokok global dan dapat ditemukan di setiap dapur di seluruh dunia. Dalam bentuk padat atau cair, tomat cukup serbaguna dalam dunia kuliner.

Bahkan dalam bidang kesehatan, tomat juga memiliki banyak manfaat untuk yang ditawarkan. Misalnya, mencegah penyakit jantung, memurnikan darah dan menghilangkan racun, menurunkan kadar kolesterol jahat, memperbaiki penglihatan, dan masih banyak lagi.

Sebuah studi terbaru mengungkapkan, bagaimanapun, telah mempromosikan tomat satu tingkat lebih tinggi lagi karena dipercaya dapat melawan penyakit yang lebih mematikan seperti kanker perut.

Baca selengkapnya

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Jangan Asal Kombinasikan Buah-buahan Ini, Bahayanya Bisa Mengancam Nyawa!

Jangan Asal Kombinasikan Buah-buahan Ini, Bahayanya Bisa Mengancam Nyawa!

Health | Kamis, 11 Juli 2019 | 18:55 WIB

Demi Kesehatan, Berapa Banyak Pisang yang Bisa Dikonsumsi per Hari?

Demi Kesehatan, Berapa Banyak Pisang yang Bisa Dikonsumsi per Hari?

Health | Rabu, 03 Juli 2019 | 17:35 WIB

Catat! Pasien Diabetes Tak Boleh Konsumsi 4 Buah Ini Terlalu Banyak

Catat! Pasien Diabetes Tak Boleh Konsumsi 4 Buah Ini Terlalu Banyak

Health | Senin, 01 Juli 2019 | 07:15 WIB

Terkini

91% Orang Indonesia Anggap Kesehatan Holistik Penting, Ternyata Bukan Sekadar Bebas Penyakit

91% Orang Indonesia Anggap Kesehatan Holistik Penting, Ternyata Bukan Sekadar Bebas Penyakit

Health | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:09 WIB

Produksi Melimpah Harga Jatuh, Wakil Ketua DPRD Jateng Soroti Nasib Petani Garam

Produksi Melimpah Harga Jatuh, Wakil Ketua DPRD Jateng Soroti Nasib Petani Garam

Jawa Tengah | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:00 WIB

BTN dan PPATK Renovasi 20 RTLH, Bantu Wujudkan Hunian Layak bagi Keluarga Prasejahtera

BTN dan PPATK Renovasi 20 RTLH, Bantu Wujudkan Hunian Layak bagi Keluarga Prasejahtera

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:55 WIB

Cerdas! Begini Langkah Kang Edai Mengubah Desa Kemiren Jadi Naik Kelas

Cerdas! Begini Langkah Kang Edai Mengubah Desa Kemiren Jadi Naik Kelas

Your Say | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:55 WIB

Arti Penting Berlian bagi Anggun C Sasmi: Bukan Sekadar Aksesori, tapi Self-Reward

Arti Penting Berlian bagi Anggun C Sasmi: Bukan Sekadar Aksesori, tapi Self-Reward

Entertainment | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:54 WIB

5 Rekomendasi Sunscreen Ectoin untuk Memperbaiki Skin Barrier dan Anti Polusi

5 Rekomendasi Sunscreen Ectoin untuk Memperbaiki Skin Barrier dan Anti Polusi

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:46 WIB

Sengketa 6,1 Hektare Kencana Bogor Memanas, AJB Dipersoalkan hingga Dugaan Rekayasa Hukum

Sengketa 6,1 Hektare Kencana Bogor Memanas, AJB Dipersoalkan hingga Dugaan Rekayasa Hukum

Jabar | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:43 WIB

5 Penyebab Bedak Cakey dan Crack di Garis Senyum, Ini Cara Mengakalinya

5 Penyebab Bedak Cakey dan Crack di Garis Senyum, Ini Cara Mengakalinya

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:40 WIB

Bukan Asal Murah, Ini 5 Kriteria Tasya Kamila Saat Memilih Perabotan Rumah Tangga

Bukan Asal Murah, Ini 5 Kriteria Tasya Kamila Saat Memilih Perabotan Rumah Tangga

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:37 WIB

HP 64 GB Mulai Lemot? Coba 6 Trik Sederhana Ini sebelum Ganti Ponsel

HP 64 GB Mulai Lemot? Coba 6 Trik Sederhana Ini sebelum Ganti Ponsel

Your Say | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:35 WIB

×