alexametrics

Fakta-fakta Soal Penuaan dan Regenerasi Sel, Perlu Tahu!

M. Reza Sulaiman | Vessy Dwirika Frizona
Fakta-fakta Soal Penuaan dan Regenerasi Sel, Perlu Tahu!
Perawatan kecantikan dengan regenerasi sel. (Shutterstock)

Apa yang terjadi jika sel mati? Adakah cara meregenerasinya dengan cepat? Simak selengkapnya berikut ini.

Suara.com - Fakta-fakta Soal Penuaan dan Regenerasi Sel, Perlu Tahu!

Tubuh manusia memiliki ratusan jenis sel yang berbeda. Sel-sel di dalam tubuh memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan dan cara kerja tubuh.

Namun, Dr. Trevino Aristarkus Pakasi,FS, MS, PhD, Sp.DLP, FISPH, FISCM., mengatakan sel pertumbuhan berhenti pada usia manusia rata-rata 18 tahun.

"Setiap hari miliaran sel mati. Tapi mengapa tidak menyebabkan kematian? Sebab selalu diregenerasi lewat makanan yang kita konsumsi, itulah yang membuat tubuh bertahan," kata dokter Trevino saat ditemui Suara.com dalam acara peluncuran SOP1000+ oleh AFC Life, Rabu (28/8/2019) di kawasan Jakarta Barat.

Baca Juga: Fenita Arie Bocorkan Rahasianya Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Jika tidak diregenerasi, sambung dokter Trevino, sistem jaringan tubuh menjadi rusak, organ tidak berfungsi. Setelah itu, sistem saraf, hormon, dan pembuluh dara darah kacau, hubungan kerja sistem organ di tubuh berantakan, setelah semua terjadi, barulah mengakibatkan kematian.

Lebih lanjut ia menerangkan faktor-faktor yang mengakibatkan sel tubuh mati sehingga makin berkurang jumlahnya di tubuh. Sebagian besar diakibatkan oleh gaya hidup.

"Polusi udara yang kotor lalu masuk ke tubuh melalui jaringan pernapasan, makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak sehat, mengandung pestisida dan pengawet, merokok dan minum alkohol, hingga radiasi," sambungnya.

DNA dan sel tubuh manusia. (Shutterstock)
DNA dan sel tubuh manusia. (Shutterstock)

Selama ini regenerasi sel di dunia medis dapat dilakukan dengan cara terapi team sel, yakni mengambil sel di tubuh lalu diregenerasi di labiratorium kemudian disuntikkan lagi ke tubuh. Tapi biayanya sangat mahal, sulit, sakit, dan hasilnya tidak menjamin 100 persen maksimal. Untuk itu kini ada cara baru untuk meregenerasi rel tubuh.

"Yakni dengan mengkonsumsi suplemen oligopeptida salmon, yang diambil dari plasenta telur salmon. Berdasarkan penelitian di Jepang, suplemen itu berkhasiat membantu memperbaiki sel dan mengaktifkan kembali sel-sel yang tidur, efektif memperbaiki sirkulasi pembuluh darah, meregenerasi sel baru, sehingga sel-sel kembali muda dan dapat menjalankan fungsinnya," beber dokter Trevino.

Baca Juga: Jangan Kebanyakan Minum Bubble Tea, Ini Picu Penuaan Dini Hingga Jerawat

Ia menambahkan, suplemen salmon yang mengandung nona size 600 dalton mudah diserap tubuh manusia. Bermanfaat untuk memperlancar fungsi jantung, sirkulasi darah dan oksigen, menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga sistem imun untuk melawan kanker, memperkuat tulang, dan masih banyak lagi.

Komentar