Ingin Sehat seperti Ratu Elizabeth II? Intip Tips dari Dokter Kerajaan

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi
Ingin Sehat seperti Ratu Elizabeth II? Intip Tips dari Dokter Kerajaan
Ratu Elizabeth II. (Shutterstock)

Hampir berusia satu abad, Ratu Elizabeth II masih terlihat sehat dan bugar.

Suara.com - Saat ini Ratu ELizabeth II dari Kerajaan Inggris sudah berusia 93 tahun. Hampir berumur satu abad, tapi Ratu masih terlihat sangat sehat dan bugar untuk melakukan aktivitas yang cukup padat.

Dilansir dari laman Brightside, Ratu Elizabeth II diketahui memiliki dokter pribadi untuk membantu mengontrol dan menjaga kesehatannya.

Ia adalah Mosaraf Ali, dokter pribadi Kerajaan Inggris. Di dalam bukunya yang berjudul "Dr. Ali's Nutrition Bible", ia membagikan tips bagaimana memperoleh hidup yang baik dan sehat seperti keluarga kerajaan.

Dokter Mosaraf menulis bahwa menjalani gaya hidup sehat dan membuat kita jarang sakit. Dikatakan bahwa 80 persen penyakit tidak perlu membutuhkan penanganan dokter.

Di bawah ini ada lima tips dari dokter kerajaan jika ingin sehat seperti Ratu Elizabeth II di usia senja.

Kebersamaan Ratu Elizabeth dan Meghan Markle. (Instagram/@kensingtonroyal)
Kebersamaan Ratu Elizabeth dan Meghan Markle. (Instagram/@kensingtonroyal)

1. Perhatikan kualitas tidur dan seleran makan

Berdasarkan penuturan dari Dr. Mosaraf, orang yang sehat adalah orang yang dapat dengan mudah tidur nyenyak. Orang yang sehat akan bangun dengan penuh rasa bugar dan aktif sepanjang harinya. Mereka baru akan merasakan lelah di malam hari.

Hal ini menandakan bahwa kondisi otot, saraf, dan tulang mereka baik-baik saja. Selain itu ini juga menjadi pertanda bahwa kamu memiliki aliran darah yang lancar.

Tanda lain yang dapat mengindikasikan bahwa kondisi kesehatanmu baik adalah kamu tidak kehilangan selera pada makanan apapun dan tidak makan terlalu banyak tetapi teratur.

Menurut Dr. Mosaraf, keriput, kantung mata, mata panda, dan beberapa masalah lainnya tidak selalu menjadi pertanda dari masalah kesehatan. Hal itu hanya karena setiap orang memiliki proses penuaan yang berbeda-beda, tergantung pada gen dan perawatan yang dilakukan.

Ilustrasi perempuan tidur (shutterstock)
Ilustrasi perempuan tidur (shutterstock)

2. Lidah bisa mendeteksi kesehatan

Jika ujung lidahmu berwarna merah, itu dapat mengindikasikan bahwa jantungmu mungkin sedang bermasalah atau kamu terlalu banyak karbohidrat seperti coklat, permen, dan lainnya.

Sedangkan jika pada lidah terdapat plak abu-abu, itu menunjukkan bahwa fungsi ususmu sedang terganggu. Kamu mungkin sedang mengalami sembelit.

Jika kamu mendapati bintik merah gelap pada lidahmu bertanda bahwa kamu anemia dan warna kuning menandakan bahwa kamu memiliki masalah pada hatimu.

Penyakit maag atau gastritis juga dapat terlihat dari lidah yang memiliki garis yang dalam. Jika lidah terlihat keriput dan memiliki lapisan air liur yang transparan berarti kamu kurang minum.

Jadi perhatikanlah kondisi lidahmu setiap hari dan jika warnanya berubah maka segera konsultasikan ke dokter.

Ingin Sehat seperti Ratu Elizabeth II? Intip Tips dari Dokter Kerajaan - 3
Ilustrasi makanan sehat. (Shutterstock)

3. Pilih makanan bernutrisi

Nutrisi adalah hal yang paling penting bagi kesehatanmu. Makanlah lebih banyak sayur dan buah dibanding makanan kalengan. Kemudian, disarankan untuk mengganti jus buah dengan wortel, apel, jahe, dan seledri.

Selain itu, protein juga merupakan hal terpenting bagi tubuh. Bagi para vegetarian, dapat mengganti protein dari daging dengan tahu, keju, susu almond, dan lainnya.

Bagi yang bukan, lebih disarankan untuk mengganti daging dengan ayam atau kalkun. Berhentilah memakan makanan cepat saji, keju, jamur, dan makan garam sesedikit mungkin.

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu dapat makan-makanan yang hanya terdiri dari buah dan sayur setiap seminggu sekali. Hal terpenting, pastikan kamu sudah meminum air yang cukup, yaitu sekitar 6 sampai 8 gelas sehari.

4. Diet sehat

Untuk sarapan, kamu bisa memilih makanan yang ringan namun kaya akan protein seperti telur, almonds, dan keju. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan buah, sereal, dan yogurt.

Ilustrasi diet. (Shutterstock)
Ilustrasi diet. (Shutterstock)

Sedangkan untuk makan siang, penting untuk mengonsumsi kombinasi terbaik dari sayur, protein, dan karbohidrat adalah kalkun, salad dan kentang. Kamu juga dapat mengonsumsi hidangan penutup yang tidak terlalu manis.

Untuk makan malam, sebaiknya diselesaikan pada pukul 7 hingga 8 malam. Konsumsilah makanan yang ringan dan hindari makanan pedas, berat, atau manis karena dapat mengurangi kualitas tidur.

5. Jaga postur tubuh

Dokter pribadi Ratu Elizabeth II merekomendasikan beberapa cara sederhana yang dapat membuat tulang belakang tetap tegap. Pada saat duduk ataupun berdiri, selalu usahakan kepalamu lurus ke depan. Angkat dagu sampai kamu merasa bahwa leher dan bahumu tidak berlipat.

Dorong bagian bahumu ke belakang agar kamu dapat merasa lebih nyaman dan percaya diri. Gunakan teknik ini saat kamu merasa badanmu mulai pegal. Praktekkan setiap hari agar kamu memiliki postur tubuh yang bagus.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS