Alami Sembelit, 5 Cara Ini Bisa Memperlancar BAB dengan Cepat

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Alami Sembelit, 5 Cara Ini Bisa Memperlancar BAB dengan Cepat
ilustrasi perempuan susah buang air besar. (shutterstock)

Sembelit bikin perut tak nyaman, begini cara aman mengatasinya secara cepat.

Suara.com - Sembelit, meskipun merupakan masalah kesehatan umum yang dialami banyak orang, kondisi ini tetap membuat frustrasi dan menyakitkan. Dalam banyak kasus, hal itu terjadi karena Anda tidak makan cukup serat, atau mengalami dehidrasi.

Selain mengatasinya dengan obat-obatan berbasis kimia, ada 5 cara cepat agar BAB bisa lancar kembali. Cara-cara mudah ini bisa membuat Anda lebih baik. Berikut daftarnya, seperti yang dilansir Bright Side.

1. Minumlah teh madu dan lemon.
Buat teh dengan menambahkan madu dan lemon ke dalamnya. Madu adalah obat pencahar alami dan membantu mengurangi asam teh yang disebabkan oleh lemon. Lemon bertindak sebagai stimulan alami untuk sistem pencernaan dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Ramuan ini efektif untuk bantu sembelit Anda!

2. Minum banyak air
Lelaki setidaknya perlu minum 3,7 liter cairan dan perempuan 2,7 liter per hari. Ini karena feses yang keras dan kering adalah penyebab paling umum dari sembelit, dan minum air putih yang cukup akan menjaga tubuh terhidrasi dengan baik dan memudahkan feses melewatinya. Air dan jus buah adalah yang terbaik untuk melawan sembelit. Jus pir dan apel adalah obat pencahar alami yang ringan, jadi Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik jika memilihnya.

Hindari minuman berkafein dan soda karena itu adalah diuretik, dan alih-alih menghidrasi tubuh Anda, mereka justru akan melepaskan lebih banyak cairan dari tubuh Anda.

3. Makan makanan berserat
Makanan berserat bertindak sebagai pencahar alami yang akan membuat feses menahan lebih banyak air. Anda harus mengonsumsi setidaknya 20-35 gram serat ke dalam makanan sehari-hari. Sumber makanan yang kaya serat termasuk kubis, apel, sereal bekatul, dan kacang hitam. Biji dan kacang-kacangan seperti labu, wijen, bunga matahari, atau biji rami juga merupakan sumber serat yang baik.

4. Konsumsi herbal
Herbal seperti biji rami, fenugreek, dan psyllium memiliki efek pencahar dan melunakkan feses. Konsumsi herbal dan minum banyak air jika Anda menderita sembelit. Juga, ada teh herbal yang bisa Anda coba. Namun hati-hati, herbal tak bisa dikonsumsi sembarang orang. Misalnya, biji rami tak boleh dikonsumsi jika Anda menderita gangguan pendarahan, penyumbatan usus, atau tekanan darah tinggi. Ibu hamil dan menyusui juga harus menghindarinya.

5. Sertakan yogurt dalam makanan Anda, tetapi jauhi produk susu lainnya
Meskipun disarankan untuk menjauhi produk susu jika Anda menderita sembelit, yogurt adalah pengecualian. Yogurt mengandung probiotik seperti Bifidobacterium longum atau Bifidobacterium animalis yang penelitiannya menunjukkan bantuan dalam melancarkan buang air besar.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS