Pentingnya Snack dalam MPASI, Ini Pilihan yang Dianjurkan Dokter Anak

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Pentingnya Snack dalam MPASI, Ini Pilihan yang Dianjurkan Dokter Anak
ilustrasi makanan bayi [shutterstock]

Ada beragam jenis pilihan snack untuk bayi, tapi, mana yang terbaik?

Suara.com - Setelah menginjak usia 6 bulan, saat ASI sudah tidak lagi mencukupi kebutuhan gizi bayi, makanan pendamping ASI (MPASI) sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan si kecil.

Pada periode pengenalan MPASI, dokter spesialis anak dr. Attila Dewanti, Sp.A (K), menjelaskan bahwa Anda harus memerhatikan tekstur, rasa, frekuensi, dan porsi MPASI agar sesuai dengan tahapan usia anak. Hal ini karena rasa dan tekstur MPASI ternyata dapat membantu melatih kepekaan indra pengecap dan mendukung stimulasi indra lainnya.

Tidak hanya menu makanan utama, ditekankan pula bahwa menu makanan selingan atau snack juga penting agar si kecil dapat mengenal semakin banyak rasa. Selain itu, variasi zat gizi yang masuk ke tubuh juga akan semakin beragam.

“Pemberian MPASI idealnya terdiri dari tiga porsi makanan utama dan dua porsi makanan selingan atau snack. Pada menu makanan utama, bisa diutamakan daging dan sayuran, sementara untuk menu makanan selingan, buah bisa menjadi salah satu pilihan," jelas dr. Attila Dewanti, Sp.A (K), dalam siaran pers yang Suara.com terima.

Pentingnya pemberian makanan selingan atau snack, lanjut dia, adalah untuk memastikan agar jumlah asupan dan nutrisi bayi terpenuhi dengan baik. Menu snack juga harus dipastikan agar kaya rasa dan menarik supaya tidak membosankan.

Nah, di era digital seperti saat ini, berbagai solusi instan dan praktis dibutuhkan untuk memudahkan para ibu membagi waktu antara membesarkan anak, bekerja dan mengatur rumah tangga.

Untuk memenuhi hal tersebut, sebagai brand makanan bayi, Milna mengadakan riset terhadap terhadap 400 responden yang terdiri dari ibu dengan anak usia 6-18 bulan. Hasilnya, anak Indonesia memang sudah dibiasakan mengonsumsi buah yang ditumbuk atau dihaluskan.

Hal inilah yang mendorong Milna, melalui rangkaian produk Milna Nature Delightnya terus berkomitmen untuk memudahkan ibu-ibu zaman now dalam memenuhi kebutuhan snack sehat Si Kecil.

Mengingat, saat ini, kata Christofer Samuel Lesmana Business Unit Head for Baby and Kids Food Nutrition, Kalbe Nutritionals ada istilah khusus yang dikenal dikalangan ibu-ibu milenial, yakni Gen Bapur atau Generasi Bawa Pure.

"Gen Bapur ini akan didukung oleh Milna menjadi sebuah kampanye berskala nasional dengan misi mendukung anak Indonesia untuk makan buah, kali ini melalui kampanye “Cara Mudah Makan Buah Zaman Now," jelas dia.

Harapannya, Milna Nature Delight bisa semakin mendukung ibu dalam memberikan asupan buah, karena Milna Nature Delight adalah pure buah yang terbuat dari 100 persen buah asli yang tidak mengandung pengawet ataupun gula tambahan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS