Viral Skripsi Disebut Sampah, ini Cara Kelola Stres Hadapi Dosen Pembimbing

Rauhanda Riyantama | Shevinna Putti Anggraeni
Viral Skripsi Disebut Sampah, ini Cara Kelola Stres Hadapi Dosen Pembimbing
Skripsi dicoret sampah (Twitter/@fierza)

Baru-baru ini viral skripsi ditulisi sampah oleh dosen pembimbing yang dianggap melatih mahasiswa mengelola stres.

Suara.com - Baru-baru ini unggahan skripsi seorang mahasiswa dicoret-coret oleh dosen pembimbingnya viral di media sosial. Karena, catatan tulis dari dosen pembimbingnya terkesan kejam dengan menyebut skripsinya 'Sampah'.

Tak hanya itu, dosen pembimbing juga mengomentari penulisan skripsi yang typo milik mahasiswa dengan kata-kata yang tidak biasa. Ia mengkritik seolah mahasiswanya tidak pernah sekolah SD dan SMP.

Unggahan akun Twitter @fierza itu pun seketika memancing beragam respons publik. Beberapa menilai dosen pembimbing tersebut terlalu kejam, tetapi ada pula yang menilai positif.

Begitu pula menurut Fierza sendiri, ia menilai cara dosen pembimbingnya justru memberikan banyak pelajaran, salah satunya mengelola stres.

"Netijen baru dikasih liat ginian aja ikutan baper. Padahal gw dulu yang ngejalanin ya hepi-hepi aja. Ini buat pembelajaran how to deal with DIFFICULT people, how to manage stress, and most importantly, menentukan skala prioritas.

It's all about our response, our self-control," tulisnya di Twitter.

Viral skripsi dicoret sampah (Twitter/@fierza)
Viral skripsi dicoret sampah (Twitter/@fierza)

Perlu diketahui stres merupakan sebuah tekanan psikologis dan fisik yang bereaksi ketika tubuh menanggapi tuntutan, ancaman atau tekanan apapun.

Pada beberapa orang yang sulit mengelola stres, kondisi ini pasti akan berdampak pada psikologis maupun mentalnya. Lalu bagaimana cara orang bisa mengelola stres?

Melansir dari webmd, ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang ketika merasa stres.

1. Olahraga

Olahraga teratur merupakan cara terbaik untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Karena latihan fisik bisa meningkatkan mood, meskipun hanya 30 menit.

2. Bernapas dalam

Berhenti aktivitas sejenak dan amnbil napas dalam berulang kali bisa meringankan maupun menghilangkan tekanan pikiran. Caranya, Anda perlu ambil posisi duduk yang nyaman dan letakkan kedua tangan di pangkuan. Setelah itu pejamkan mata dan tarik napas dalam-dalam lalu buang. Lakukan latihan ini selama 5-10 menit setiap kali mendapat tekanan.

Ilustrasi orang stres (Shutterstock)
Ilustrasi orang stres (Shutterstock)

3. Makan teratur

Makan yang teratur dan diet seimbang juga membantu pikiran lebih tenang. Selain itu, makanan juga salah satu faktor yang bisa memengaruhi suasana hati. Anda harus perbanyak konsumsi buah, sayuran, biji-bijian dan protein tanpa lemak.

4. Istirahat

Ketika pikiran sudah stres, ada baiknya Anda istirahat sejenak dari pekerjaan yang membuat beban pikiran. Anda bisa melakukan kegiatan yang bisa menenangkan pikiran, seperti yoga.

5. Melakukan hobi

Cobalah melakukan kegiatan yang Anda sukai ketika pikiran sudah stres. Karena, melakukan kegiatan yang Anda sukai selama 15-20 menit, sudah cukup mengatasi pikiran stres.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS