6 Cara Ibu Biasakan Anak Makan Makanan Sehat

Ade Indra Kusuma | Vessy Dwirika Frizona
6 Cara Ibu Biasakan Anak Makan Makanan Sehat
6 Cara Ibu Biasakan Anak Makan Makanan Sehat (Shutterstock)

Kemampuan berpikir dipengaruhi oleh asupan nutrisi dari makanan sehat yang dikonsumsi anak.

Suara.com - 6 Cara Ibu Biasakan Anak Makan Makanan Sehat

Makanan yang sehat tidak hanya memengaruhi kesehatan dan pertumbuhan fisik anak. Lebih dari itu, kesehatan emosional, kecerdasan otak, dan kemampuan berpikir sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi dari yang dikonsumsi anak.

Untuk itu, Corporete Nutritionist Nestle Indonesia, Eka Herdiana mengatakan, penting membiasakan anak makan makanan sehat sejak dini. Ia membeberkan ada 6 cara yang bisa dilalukan ibu untuk membiasakan anak makan sehat.

Ditemui Suara.com dalam diskusi perayaan Internasional Chef Day, Rabu (23/10/2019), berikut 6 hal yang bisa dilakukan untuk membiasakan si kecil makan sehat.

Ilustrasi anak-anak dengan makanan sehat. (Shutterstock)
Ilustrasi anak-anak dengan makanan sehat. (Shutterstock)

1. Beri asupan gizi sesuai usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, bahkan di setiap tahap kehidupan memiliki kebutuhan yang spesifik. Oleh karena itu, asupan gizi seimbang pada 1000 hari pertama kehidupan anak begitu krusial. Konsumsi makanan seimbang dengan buah, sayur, dan protein yang bervariasi.

2. Konsumsi beragam jenis makanan 

Penting bagi anak mengonsumsi beragam jenis pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang sesuai kebutuhan gizi makro dan mikro. Makanan bergizi seimbang mengandung komponen seperti karbohidrat, protein, serta vitamin dan mineral. Karbohidrat menyediakan tenaga yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari. 

Protein sepert ikan, ayam, telur, tahu, dan tempe membantu pembentukan sel dan otot yang diperlukan dalam pertumbuhan. Sementara vitamin dan mineral dari sayuran dan buah-buahan memelihara fungsi organ dan menyediakan antioksidan yang baik bagi tubuh.

3. Mengatur porsi makan yang tepat sesuai usia anak

Dengan membantu anak mengatur porsi makan yang tepat, orangtua dapat memastikan anak konsumsi jenis makanan yang beragam, memenuhi kebutuhan gizi seimbang, dan mengonsumsi asupan energi yang cukup namun tetap padat zat gizi penting. Dengan mengatur porsi makan, anak dapat membiasakan pola sehat dan seimbang.

4. Konsumsi air putih

Betdasarkan pedoman gizi seimbang 2014 Kementerian Kesehatan RI, air merupakan sumber cairan yang paling baik dan berfungsi untuk membantu pencernaan, membuang racun, sebagai penyusun sel, dan darah, mengatur keseimbangan asam basa tubuh dan mengatur suhu tubuh. Orang tua sebagai role model pola hidup sehat dapat mendorong anak untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh melalui konsumsi air putih dan juga makanan seperti sayur, buah, dan sup.

5. Ajak bermain

Ajak anak bermain agar lebih banyak bergerak. Orangtua memiliki tanggung jawab memberikan contoh dan mengajak anak menjalani pola aktif, guna meningkatkan kesehatan anak dan menurunkan risiko obesitas. Selain itu, hidup aktif membantu mengembangkan keterampilan pada anak seperti kemampuan motorik, mengambil keputusan, fokus, dan kerja sama. Kebiasan aktif bergerak yang dimiliki anak sejak dini cenderung menjalani hingga dewasa.

6. Menikmati makan bersama keluarga

Makan bersama keluarga merupakan momen yang paling tepat mengajarkan kebiasaan makan sehat dan bergizi seimbang pada anak. Kegiatan makan bersama dapat menjadi waktu yang bermanfaat bagi orangtua untuk memberikan pengaruh baik dan mendorong kebiasaan baik seperti memberi contoh konsumsi makan yang bergizi seimbang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS