Atasi Stres, Coba 7 Teknik Menenangkan Diri Ini

Vania Rossa
Atasi Stres, Coba 7 Teknik Menenangkan Diri Ini
Ilustrasi Menarik Napas Dalam. (Shutterstock)

Atasi stres dengan cara-cara sederhana berikut.

Suara.com - Stres bisa diatasi dengan menenangkan diri. Tapi masalahnya, bagaimana bisa menenangkan diri kalau Anda merasa panik, takut, cemas, dan memikirkan sejuta kekhawatiran lainnya.

Dilansir dari The Minds Journal, cobalah 8 teknik menenangkan diri berikut. Dijamin, bisa mengurangi beban pikiran Anda, dan syukur-syukur, bisa sekaligus manghalau stres.

1. Tarik napas
Bernapas adalah sesuatu yang kita lakukan tanpa sadar. Nah, kali ini, cobalah lakukan napas dengan sadar. Maksudnya, sadari proses bernapas yang Anda lakukan. Caranya, tarik napas dalam-dalam dan lambat, kemudian embuskan perlahan dan lambat juga. Bernapas membantu Anda mengeluarkan ketegangan.

2. Bicara pada diri sendiri
Bukan sembarang bicara, tapi coba katakan pada diri sendiri, "Ini adalah situasi sementara. Saya akan menemukan cara terbaik untuk mengatasi ini. Semuanya akan baik-baik saja." Jangan biarkan suara-suara negatif yang datang dari ketakutan menghalangi diri Anda dari kebaikan.

3. Yakinkan diri sendiri
Yakinlah bahwa kemampuan Anda jauh lebih besar daripada rasa takut dan kecemasan yang sedang Anda rasakan saat ini. Ketika Anda sedang stres atau kewalahan, katakan pada diri sendiri, "Saya tidak emosi. Saya bisa memusatkan diri. Saya dapat melepaskan diri dari keadaan ini." Menyadari bahwa kemampuan Anda lebih besar daripada kecemasan, akan membuat Anda santai.

4. Visualisasikan
Bayangkan cahaya putih datang melalui atas kepala Anda, dan kegelapan mengalir ke bawah kaki Anda. Cahaya putih ini bisa diibaratkan dengan pertolongan Tuhan, sedangkan kegelapan menggambarkan stres yang mengalir keluar dari tubuh Anda. Ini akan membantu mengurangi beban Anda.

5. Gunakan minyak esensial lavender
Hirup aroma minyak esensial lavender, atau letakkan beberapa tetes di tengah alis Anda (di mata ketiga) untuk menenangkan diri.

6. Letakkan tangan di dada
Sama seperti ibu yang kerap menenangkan bayinya dengan cara menepuk dan mengusap dada mereka, Anda juga dapat melakukan hal yang sama. Letakkan tangan Anda di atas dada Anda untuk menenangkan diri. Jantung yang berada di pertengahan dada adalah pusat cinta tanpa syarat. Ketika Anda menyentuhnya, cinta akan diaktifkan dan mulai mengirim zat biokimia bahagia yang disebut endorfin ke seluruh tubuh Anda.

7. Cintai diri sendiri
Apa yang Anda pikirkan akan membuat perbedaan. Jangan menyalahi diri sendiri, tapi cintai diri Anda seutuhnya. Ganti pikiran negatif dengan pikiran yang positif untuk memberikan ketenangan pada diri Anda. (Aflaha Rizal)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS