Hari Ayah Nasional, Ketahui 7 Fakta Menarik Tentang Ayah Menurut Sains

M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
Hari Ayah Nasional, Ketahui 7 Fakta Menarik Tentang Ayah Menurut Sains
Hari Ayah Nasional, ini fakta menarik soal ayah menurut sains. (Shutterstock)

Dalam rangka Hari Ayah Nasional yang diperingati setiap 12 November, Anda bisa melihat berbagai fakta menarik tentang menjadi seorang ayah.

Suara.com - Hari Ayah Nasional, Ketahui 7 Fakta Menarik Tentang Ayah Menurut Sains

Dibanding ibu, peran seorang ayah sering dianggap lebih mudah. Padahal, di tangan merekalah kunci keberhasilan pengasuhan berada. Biasanya, ayahlah yang bisa membuat seorang anak menjadi lebih disiplin.

Memberikan contoh bagaimana seorang anak tak boleh mudah menyerah dan bisa mandiri. Di saat yang bersamaan, mereka juga bisa menunjukkan kepada buah hati mereka cinta tanpa syarat.

Dalam rangka Hari Ayah Nasional yang diperingati setiap 12 November, Anda bisa melihat berbagai fakta menarik tentang menjadi seorang ayah, menurut ilmu pengetahuan. Berikut daftarnya, yang dilansir dari Bustle.

1. Setiap anak dilahirkan mirip seperti ayah mereka, secara genetik

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of North Carolina menemukan bahwa dalam hal susunan genetik, mamalia lebih mirip dengan ayah mereka daripada ibu mereka. Meskipun kita mendapatkan jumlah mutasi genetik yang sama dari orang tua kita, kita sebenarnya menggunakan lebih banyak DNA yang kita dapatkan dari ayah.

Dengan informasi ini, kita dapat lebih mudah mempelajari penyakit yang kita miliki. Misalnya, tingkat keparahan penyakit bisa berbeda jika diturunkan dari ibu atau ayah.

2. Tidak ada yang diubah para ayah saat berkomunikasi dengan anak mereka

Para ibu dikenal memiliki suara-suara yang menenangkan yang dapat segera membuat anak-anak mereka merasa nyaman. Para ilmuan bahkan telah menyatakan bahwa para ibu telah menguasai seni "keibuan", dalam hal ini nada dan kecepatan berbicara ketika mereka berkomunikasi dengan buah hati mereka.

Ayah, di sisi lain, terlalu serius saat melakukan hal ini. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Washington State University mengamati 11 anak prasekolah berusia sekitar 30 bulan dan merekam audio lebih dari 150 jam untuk menemukan hasil yang mereka inginkan.

Studi ini menemukan bahwa suara ayah cenderung tetap stabil ketika mereka berbicara dengan anak-anak mereka, dan mereka cukup banyak berbicara dengan anak-anak mereka seperti mereka berbicara dengan orang dewasa.

ilustrasi ayah dan anak di hari ayah nasional. (Shutterstock)
ilustrasi ayah dan anak di hari ayah nasional. (Shutterstock)

Tetapi seperti yang ditunjukkan oleh ilmuwan dan penulis penelitian, Mark VanDam, itu tidak berarti sebagai hal yang buruk. Bahkan, dalam melakukan itu, para ayah sebenarnya memberi anak-anak mereka semacam "jembatan percakapan" ke dunia luar.

3. Ayah juga merasakan tekanan yang sama saat memiliki bayi

Sebuah studi yang dilakukan oleh badan amal Inggris untuk orang tua, NCT, menemukan bahwa sepertiga ayah berjuang dengan tekanan mental saat mereka menjadi ayah baru, yang mengarahkan para peneliti untuk mengenali bahwa depresi pascanatal dan masalah kesehatan mental perinatal juga dapat terjadi tidak hanya pada perempuan tetapi juga lelaki.

Bahkan ditemukan bahwa lelaki yang mendukung perempuan dengan depresi postpartum cenderung mengalaminya sendiri.

Ingin tahu fakta lainnya soal ayah menurut sains? Simak di halaman selanjutnya ya!

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS