Ahh, Masturbasi Ternyata Bisa Jadi Terapi Bagi Pasien Kesehatan Mental

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Ahh, Masturbasi Ternyata Bisa Jadi Terapi Bagi Pasien Kesehatan Mental
Ilustrasi lelaki sedang masturbasi di kantor. (Shutterstock)

Sebuah perusahaan mainan seks mendesak Departemen Kesehatan Inggris untuk memasukkan mastubasi sebagai bagian dari perawatan kesehatan mental.

Suara.com - Perusahaan mainan seks, Lelo UK, mendesak National Health Service (NHS) Inggris untuk mulai menggunakan masturbasi sebagai salah satu bentuk perawatan untuk membantu mengurangi stres pada pasien kesehatan mental.

Bagi perusahaan mainan seks tersebut, saran yang tidak konvensional ini juga bisa membangun kepercayaan seksual, serta memungkinkan lebih banyak lagi orang untuk mengenal tubuh mereka lebih baik.

“Fungsi kesenangan adalah membuat kita merasa lebih baik dan senang, dan masturbasi dapat memiliki manfaat positif bagi kesehatan kita dalam berbagai cara, termasuk pelepasan hormon oksitosin yang dapat menurunkan kadar kortisol, mengenal tubuh kita lebih baik, dan membangun kepercayaan diri seksual," jelas Kate Moyle, seorang terapis seks di Lelo UK, seperti dilansir Daily Mail.

Lebih lanjut ia mengatakan jika langkah ini berpotensi sebagai bagian dari program kesehatan terintegrasi. Masturbasi, lanjut dia, dapat bermanfaat bagi beberapa pasien, ketika diajukan dengan kepercayaan diri dan informasi edukatif.

Pada kesempatan yang sama, Marcella Zanchi, spesialis pemasaran Lelo UK, menambahkan jika mereka menyerukan NHS untuk mulai bertindak dan meninjau praktik tersebut ketika menangani masalah kesehatan, dan mulai memasukkan perawatan dengan masturbasi dan kesenangan diri kepada pasien jika itu diperlukan sebagai bagian dari program kesehatan yang lebih luas.

Surat terbuka untuk NHS ini ditulis setelah Lelo UK melakukan studi. Dalam jajak pendapat terhadap 2.000 orang Inggris baru-baru ini, 78 persen peserta mengklaim bahwa orgasme membuat mereka jauh lebih bahagia.

"Meskipun kami tidak yakin masturbasi akan menjadi obat untuk semua masalah kami, berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa orgasme dapat bermanfaat," jelas Marcella.

Sebelumnya, ahli seks dr. Nicole Prause mengatakan jika masturbasi atau hubungan seks dapat membantu meningkatkan fungsi otak.

Sebuah studi tahun 2016 menunjukkan bahwa mereka yang melakukan hal ini secara teratur mendapat skor lebih baik dalam tantangan mental, termasuk yang menguji ingatan mereka.

“Ada banyak aplikasi potensial perilaku seksual untuk meningkatkan kesehatan umum. Misalnya, aktivitas seksual yang berkelanjutan yang telah dikaitkan dengan tes neuropsikologis yang lebih baik, khususnya urutan dan pengingatan angka. Ini menunjukkan bahwa aktivitas seksual mungkin memiliki potensi untuk meningkatkan atau mempertahankan fungsi kognitif," jelasnya.

Selain memiliki manfaat meningkatkan otak, orgasme dapat membantu Anda menangkal stres.

Kesenangan dapat mendorong produksi serotonin, kegiatan ini juga bisa mengurangi stres dan mengangkat suasana hati Anda.

"Seks tampaknya mengurangi stres pada hari berikutnya dalam memuaskan hubungan romantis, meningkatkan suasana hati dan perasaan memiliki makna mendalam dalam hidup, serta meningkatkan kepuasan kerja dan keterlibatan," tutup dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS