Kanker Ginjal Vidi Aldiano, ini Tingkat Harapan Hidup Penderita!

Dany Garjito | Shevinna Putti Anggraeni
Kanker Ginjal Vidi Aldiano, ini Tingkat Harapan Hidup Penderita!
Ilustrasi kanker ginjal. [Shutterstock]

Kanker ginjal adalah penyakit yang berasal dari ginjal dengan tingkat kelangsungan hidup sesuai setiap tahapan.

Suara.com - Kabar tentang Vidi Aldiano yang menderita kanker ginjal tentu mengejutkan para penggemarnya. Di sisi lain, masalah kesehatan yang dialami oleh Vidi Aldiano juga menjadi pembelajaran bagi semua orang.

Seperti yang diketahui sebelumnya kanker ginjal adalah jenis kanker yang berada di ginjal. Kanker ini terjadi ketika sel-sel sehat dalam satu atau kedua ginjal tumbuh di luar kendali dan membentuk benjolan disebut tumor.

Sama halnya dengan jenis kanker lain dilansir dari healthline.com, tingkat keparahan kanker ginjal juga dibagi menjadi 4 tahap. Setiap tahapan kanker ginjal itulah menentukan peluang bertahan hidup pasien.

Tahap 1

Kanker ginjal tahap 1 adalah tahapan yang belum agresif dan pasien masih memiliki harapan hidup selama 5 tahun. Menurut metode pemeriksaan TNM, tumor kanker relatif kecil di tahap pertama.

Tumor juga baru muncul di satu ginjal dan belum menyebar ke kelanjar getah bening atau organ tubuh lainnya. Pada tahap ini, kanker ginjal masih bisa diangkat dan pasien tidak perlu perawatan lebih lanjut.

Vidi Aldiano [Ismail/Suara.com]
Vidi Aldiano [Ismail/Suara.com]

Tahap 2

Kanker ginjal tahap 2 lebih serius daripada tahap 1. Pada tahap ini, tumor sudah berukuran lebih dari 7 cm tetapi hanya muncul di ginjal. Seperti tahap 1, kanker ginjal tahap 2 juga belum menyebar ke kelenjar getah bening atau organ tubuh lain.

Pada tahap 2 ini, kanker ginjal bisa diangkat tetapi pasien masih membutuhkan pengobatan lanjutan. Tingkat kelangsungan pasien kanker ginjal tahap 2 pada 5 tahun kedepan sekitar 74 persen.

Tahap 3

Pada kanker ginjal tahap 3, tumor sudah tumbuh menjadi vena besar dan jaringan di dekatnya. Tetapi, kanker belum menyebar ke kelanjar getah bening di dekatnya.

Kanker ginjal tahap 3 sudah agresif dan harus diangkat dengan operasi. Tingkat kelangsungan hidup pasien kanker ginjal stadium 3 sekitar 53 persen.

Ilustrasi kanker ginjal (shutterstock)
Ilustrasi kanker ginjal (shutterstock)

Tahap 4

Kanker ginjal tahap 4 memiliki dua kemungkinan, yakni tumor sudah tumbuh besar hingga mencapai jaringan di luar ginjal. Tetapi, kanker mungkin belum menyebar ke kelenjar getah bening atau organ di dekatnya.

Kemungkinan kedua, tumor mungkin belum terlalu besar tetapi bisa jadi sudah menyebar ke kelenjar getah bening dan organ lainnya. Sehingga tingkat kelangsungan hidup pasien pun sudah menurun hingga 8 persen.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS