Stres vs Genetik, Apa yang Menyebabkan Rambut Seseorang Mudah Beruban?

M. Reza Sulaiman
Stres vs Genetik, Apa yang Menyebabkan Rambut Seseorang Mudah Beruban?
Lelaki dengan rambut beruban. (Shutterstock)

Pakar mengungkap 10 persen manusia mengalami rambut beruban bahkan sebelum usia 30 tahun. Apa ya penyebabnya?

Suara.com - Stres VS Genetik, Apa yang Menyebabkan Rambut Seseorang Mudah Beruban?

Memiliki rambut beruban sejak usia muda? Jangan sedih, Anda tidak sendiri. Pakar mengungkap 10 persen manusia mengalami rambut beruban bahkan sebelum usia 30 tahun.

Lalu, apa yang membuat rambut beruban di usia muda? Ya Chieh Hsu, PhD, pakar sel punca dan biologi regeneratif dari Harvard University menyebut stres memiliki peranan penting dalam membuat rambut berwarna abu-abu.

"Dampak merugikan stres ternyata lebih buruk daripada yang kita bayangkan. Saat stres, sel yang memproduksi pigmen rambut untuk berwarna hitam tidak mengalami regenerasi. Dampak ini bisa permanen membuat sebagian rambut berwarna abu-abu, belang, atau putih," tutur Hsu, dilansir Healthline.

Namun di sisi lain, kondisi genetik juga memegang peranan penting. dr Lindsey Bordone, pakar kesehatan kulit dari ColumbiaDoctors mengatakan warna rambut dipengaruhi oleh melanosit, sel pigmen yang ada di folikel rambut.

Semakin menua, produksi sel pigmen ini semakin melambat. Akibatnya, rambut yang semula hitam bisa berubah keabu-abuan atau bahkan putih.

Dikatakan Bordone, seseorang kemungkinan besar mengalami rambut beruban di usia muda jika anggota keluarga memiliki masalah yang sama. Misalnya, Anda akan bisa mengalami rambut beruban di usia 30 tahun jika ayah atau kakek mengalami hal yang sama.

"Faktor genetik memegang peranan besar. Tidak ada yang bisa medis lakukan untuk mencegah hal ini jika anggota keluarga memiliki gen yang sama," tutur Bordone lagi.

Seorang lelaki dengan rambut beruban. [shutterstock]
Seorang lelaki dengan rambut beruban. [shutterstock]

Meski begitu, pakar gaya hidup sehat Kasey Nichols mengatakan menjalani hidup sehat bisa membantu mencegah uban tumbuh lebih awal.

Dikatakannya, tingginya kadar radikal bebas yang berbanding terbalik dengan jumlah antioksidan bisa menyebkan peradangan pada sel, protein, hingga DNA tubuh. Inilah yang membuat seseorang mengalami rambut beruban lebih cepat daripada lainnya.

"Untuk itu diet tinggi protein, vitamin B12m zat besi, dan tembaga penting untuk mencegah rambut beruban," tutupnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS