3 Jenis Makanan Terbaik untuk Perempuan yang Ingin Cepat Hamil

Silfa Humairah Utami | Risna Halidi
3 Jenis Makanan Terbaik untuk Perempuan yang Ingin Cepat Hamil
Kacang-kacangan, salah satu makanan yang baik dikonsumsi perempuan yang ingin cepat hamil. (Shutterstock)

Perempuan harus tahu, ternyata ada jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk merangsang fungsi dari organ reproduksinya.

Suara.com - 3 Jenis Makanan Terbaik untuk Perempuan yang Ingin Cepat Hamil

Perempuan yang baru menikah tentu tidak sedikit yang mendambakan kehamilan.

Menurut dr. Thomas Chayadi, Sp.OG dari RSPI Puri Indah, beberapa jenis makanan memiliki kemampuan yang baik dalam merangsang kehamilan.

Makanan tersebut biasanya merupakan makanan yang mengandung makronutrien dan mikronutrien seimbang.

Makronutrien, kata dr Thomas Chayadi, terdiri dari karbohidrat, protein dan lemak. Maka, cukup baik dikonsumsi untuk merangsang fungsi dari reproduksi.

Karbohidrat, kata dr. Thomas, akan baik jika dikonsumsi dengan kualitas dan kuantitas yang benar. Namun ia juga mengimbau untuk mengurangi karbohidrat yang mengandung indek glikemik tinggi.

"Karena berisiko untuk mengalami gangguan ovulasi. Konsumsi serat yang berlebih juga dapat menggangu ovulasi," tambahnya.

Sementara untuk konsumsi protein tidak akan memengaruhi fungsi dari reproduksi. Protein diperlukan untuk pembentukan sel sehingga diet protein yang seimbang dibutuhkan.

"Makanan yang mengandung protein seperti daging sapi, ikan, ayam, dan kacang-kacangan"

Di sisi lain, konsumsi lemak juga harus diperhatikan. Konsumsi lemak jenuh yang berlebih dapat menggangu sel telur, tetapi konsumsi asam lemak tak jenuh terutama lemak tak jenuh ganda dapat memperbaiki proses pembentukan sel telur.

"Konsumsi lemak trans juga harus dihindari, karena berhubungan dengan resistensi insulin yang lebih tinggi dan dapat menggangu fungsi ovulasi. Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti daging merah, susu dan produk susu yang berlemak tinggi dan makanan berminyak lainnya," terangnya dalam rilis yang diterima Suara.com, Minggu (16/2/2020).

Sementara itu, daftar makanan yang mengandung lemak tak jenuh di antaranya alpukat, minyak zaitun (olive oil), salmon dan kacang-kacangan seperti almond, walnut, hazelnut.

"Lemak trans biasanya dijumpai pada makanan cepat saji seperti burger, kentang goreng, ayam goreng, mentega," tambahnya.

Selain asupan makronutrien, sambung dr Thomas, asupan mikronutrien juga sangat penting untuk mempercepat dan merangsang kehamilan. Mikronutrien terdiri dari asam folat, vitamin D dan zat besi.

Menurut dr. Thomas, kadar asam folat yang rendah terkait dengan pembelah sel yang kurang baik, peningkatan kadar stres oksidatif, dan kematian sel. Hal-hal tersebut yang dipercaya dapat mengganggu proses perkembangan sel telur.

Oleh karena itu, lanjutnya, penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah bit atau minum suplemen asam folat.

Vitamin D juga berperan penting dalam reproduksi manusia. Kadar vitamin D yang rendah berhubungan dengan kadar hormon androgen yang tinggi pada perempuan dengan PCOS.

Vitamin D dapat diperoleh dengan berjemur pada sinar matahari pagi, dan didapatkan lewat makanan seperti minyak ikan cod, salmon, tuna, sarden, hati sapi, dan jamur kancing.

Jenis mikronutrien terakhir yang penting dikonsumsi saat seorang perempuan ingin segera hamil adalah makanan dengan kandungan zat besi.

"Pada perempuan dengan anemia defisiensi besi dan kadar ferritin yang rendah dijumpai pada perempuan dengan gangguan kesuburan. Makanan yang mengandung zat besi terdapat pada daging merah, kacang-kacangan, kuning telur, sayur berdaun gelap atau hijau," tutupnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS