alexametrics

Cegah Virus Corona Covid-19, Dongkrak Daya Tahan Tubuh dengan 7 Herbal Ini

Vania Rossa | Frieda Isyana Putri
Cegah Virus Corona Covid-19, Dongkrak Daya Tahan Tubuh dengan 7 Herbal Ini
Ilustrasi ragam herbal yang bisa mendongkrak daya tahan tubuh, sehingga tak mudah diserang penyakit. (Shutterstock)

Daya tahan tubuh yang baik bisa membantu menangkal berbagai penyakit.

Suara.com - Virus corona Covid-19 dipastikan positif berada di Indonesia usai dua warga asal Depok terjangkit virus yang berasal dari China tersebut.

Tapi, masyarakat diimbau tak perlu khawatir berlebihan dengan adanya kasus ini. Salah satu guru besar biologi molekular Universitas Airlangga Surabaya, Prof. C.A. Nidom, berpesan kepada masyarakat Indonesia untuk dapat mengonsumsi rempah-rempah asli Indonesia yang bisa menangkal virus corona Covid-19 masuk ke dalam tubuh.

"Rempah-rempah itu biasa kita sebutnya mpon-mpon seperti jahe, temulawak, kunyit, kayu manis, dan sebagainya. Rempah-rempah itu diharapkan dapat mengendalikan sitokin (sel yang keluar akibat terkena virus) agar tubuh tidak terinfeksi," jelasnya, seperti dikutip Suara.com dari laman VivaNews pada Selasa (3/3/2020).

Akan tetapi, menurut dr. Danang Ardiyanto, peneliti atau koordinator Rumah Riset Jamu Hortus Medicus Balai Besar Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisional Tawangmangu, anjuran konsumsi rempah dan ramuan lain yang kini viral menjadi bias.

Baca Juga: Agar Obat Herbal Asli Indonesia Mendunia, BPOM: Peneliti Harus Dimudahkan

"Seolah obat corona bisa dilawan dengan jahe dan kunir dan sejenisnya. Belum ada uji klinik atau uji kepada manusia yang membuktikan hal ini," tuturnya kepada Suara.com melalui pesan singkat, Rabu (3/3/2020).

Memang betul bahwa rempah yang disebut di atas mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Dan salah satu cara menyikapi wabah virus corona adalah dengan melakukan peningkatan daya tahan tubuh sebagai upaya pencegahan, namun bukan untuk pengobatan.

Maka, Danang menegaskan hal yang perlu digarisbawahi dari viralnya anjuran konsumsi rempah ini adalah untuk pencegahan dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Dan, inilah beberapa tanaman yang secara turun-temurun (empiris) telah dikenal luas oleh masyarakat dapat meningkatkan daya tahan tubuh:

1. Kunyit

Baca Juga: Keren, Indonesia Teliti Obat Herbal untuk Jadi Vaksin Virus Corona Covid-19

Kunyit atau Curcuma longa memiliki senyawa aktif utama kurkumin yang memiliki aktivitas antiinflamsi, analgetik, dan imunomodulator. Selain itu kunyit juga mengandung zat aktif yang khas, yaitu curcuminoide dan ukanon jenis A, B, C, dan D yang berfungsi merangsang daya tahan tubuh.

Komentar