Manfaat Kesehatan Teh Telang atau Teh Biru, Termasuk Atasi Diabetes

Angga Roni Priambodo | Shevinna Putti Anggraeni
Manfaat Kesehatan Teh Telang atau Teh Biru, Termasuk Atasi Diabetes
Teh telang (Pixabay/IamColorBlind)

Teh telang atau teh biru merupakan jenis teh yang bebas kafein dengan sejumlah manfaat kesehatan.

Suara.com - Umumnya, teh pasti berwarna cokelat, hitam atau hijau. Tetapi, apakah Anda sudah tahu bahwa ada minum teh berwarna biru elektrik?

Teh berwarna birus ini biasa disebut teh telang yang berasal dari Asia Tenggara. Teh telang ini bisa berubah warna, berbau bunga dan tidak mengandung kafein.

Jika Anda menambahkan sedikit perasan lemon, teh telang yang berwarna biru elektrik akan berubah menjadi warna ungu cantik. Karena itu, campuran tertentu bisa mengubah warna teh telang.

Selain warnanya, satu hal yang membuat teh telang sangat istimewa adalah manfaat kesehatannya yang tak kalah dari teh umumnya.

Menurut Journal of Ethnopharmacology dilansir oleh teahow.com, teh telang sudah digunakan selama berabad-abad sebagai penambah daya ingat, nootropik, antistres, anxiolytic, antidepresan, antikonvulsan dan obat penenang.

Berikut ini sedikitnya 5 manfaat kesehatan dari minum teh telang atau teh biru.

1. Menurunkan berat badan

Menurut penelitian dalam Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders, teh telah bisa membantu menurunkan berat badan dengan mencegah dan melawan penyakit hati berlemak.

Karena teh telang mengandung senyawa cateching EGCG, epigallocatechin gallate, yang mempercepat proses pembakaran kalori dengan meningkatkan metabolisme. Penelitian telah menemukan teh telah mengandung kadar senyawa EGCG yang lebih tinggi dibandingkan teh lainnya

Teh telang atau teh biru (Pixabay/Suanpa)
Teh telang atau teh biru (Pixabay/Suanpa)

2. Menjaga kesehatan mata

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS