Jubir Covid-19 Sebut Ada Pasien Positif Belum Lakukan Isolasi Mandiri

Risna Halidi | Lilis Varwati
Jubir Covid-19 Sebut Ada Pasien Positif Belum Lakukan Isolasi Mandiri
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan virus Corona COVID-19 Achmad Yurianto mengusap mata saat menyampaikan keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (27/3). [ANTARA FOTO/Nova Wahyudi]

Hal tersebut menjadi faktor mengapa kasus virus corona Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah.

Suara.com - Jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Menurut Data yang disampaikan juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, dr. Achmad Yurianto pada Minggu, 29 Maret 2020, pasien positif bertambah 130 orang menjadi total 1285 orang.

Kata Yurianto, ada faktor utama mengapa pasien Covid-19 terus bertambah yaitu karena 'masih ada kasus positif yang belum melakukan isolasi mandiri'.

"Artinya di luar, di lingkungan masyarakat masih ada orang dengan kasus positif yang belum melakukan isolasi mandiri. Masih ada yang belum cuci tangan," kata Yurianto dalam teleconference di Gedung BNPB, Jakarta, Minggu (29/3/2020).

Untuk menekan angka penambahan pasien positif Covid-19, Yurianto mengingatkan agar masyarakat terus melakukan tindakan pencegahan.

Hal tersebut bisa dimulai dengan menerapkan jarak sosial serta menjaga kebersihan, dua hal utama yang harus dilakukan.

"Saya minta kepada masyarakat seluruhnya bahwa kembali lagi jaga jarak di dalam komunikasi sosial baik di dalam atau pun di luar rumah. Apabila terpaksa ke luar hindari kerumunan. Cuci tangan gunakan sabun. Hindari menyentuh wajah," papar Yurianto.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat selalu mengingat dan menerapkan etika batuk saat merasa sakit.

Menurutnya, publik bisa tetap aman dan produktif di dalam rumah asalkan saling menjaga.

"Jangan sampai yang sehat jadi sakit. Kita upayakan yang sakit mendapat perawatan baik sehingga bisa cepat sembuh. Hal-hal ini harus kita lakukan dengan disiplin," tegas Yurianto lagi.

Dari total 1285 kasus positif Covid-19 di Indonesia, total sembuh menjadi 64 orang dan kematian mencapai 114 jiwa.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS