Cegah Virus Corona Covid-19, Berapa Kali Kita Perlu Mencuci Seprai?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Cegah Virus Corona Covid-19, Berapa Kali Kita Perlu Mencuci Seprai?
Ilustrasi membereskan tempat tidur di pagi hari. (Shutterstock)

Selain cuci tangan, kita juga perlu menjaga kebersihan rumah termasuk seprai.

Suara.com - Selama masa isolasi mandiri di dalam rumah demi mencegah penularan virus corona Covid-19, kita juga perlu menjaga kebersihan. Semua orang disarankan teratur mencuci tangan pakai sabun dan air demi mencegah penyebaran virus.

Selain cuci tangan, kita juga perlu menjaga kebersihan rumah, termasuk seprai. Karena, tempat tidur salah satu sarang kuman dan berkembangnya bakteri di rumah.

Oleh sebab itu, Anda perlu mencuci seprai, selimut, sarung bantal dan guling secara rutin. Seorang ahli mengatakan bahwa semua orang perlu mencuci seprai seminggu sekali.

Jika tidak selimut hingga seprai bisa menjadi sarang berkembang biaknya tungau yang menyebabkan masalah kesehatan.

Apabila Anda sedang sakit, maka perlu mencuci seprai dan selimut lebih dari sekali seminggu. Anda juga bisa merendamnya dalam air panas agar bakteri yang hidup di selimut dan seprai mati.

Selama ini banyak orang memilih membersihkan seprai dan selimutnya setelah 2 minggu. Padahal seprai dan selimut yang jarang dicuci itulah menjadi tempat terbaik berkembangnya bakteri. Begitu pula dengan piyama, sarung bantal dan guling.

Ilustrasi seprai (Shutterstock)
Ilustrasi seprai (Shutterstock)

Selain itu, Anda juga perlu membersihkan bantal tidur. Anda bisa memasukkan bantal tidur ke mesin cuci lalu dikeringkan sebelum dijemur untuk memastikan bantal tetap higenis.

Berikut ini dilansir oleh Mirror.co.uk, aturan seberapa sering Anda perlu mencuci perlengkapan di kamar tidur.

1. Selimut penutup atau lembaran bawah: Anda perlu mencucinya sekali seminggu. Jika Anda sakit, cuci selimut penutup lebih dari sekali seminggu untuk menyingkirkan bakteri.

2. Sarung bantal: Anda perlu mencuci sarung bantal dan guling sekali hingga dua kali seminggu. Jika Anda sering tidur tengkurap, pastikan kebersihan sarung bantal perlu dijaga agar bakteri tak menempel di wajah.

3. Bantal: Selain sarung bantal, Anda juga perlu mencuci bantal setiap 3 bulan sekali agar tetap higenis.

4. Kasur: Anda juga perlu mencuci kasur setahun sekali untuk menghilangkan tungau dan membunuh bakteri yang menempel.

5. Selimut tempat tidur: Anda perlu mencuci selimut yang biasa dipakai tidur sekali hingga dua kali seminggu agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Anda juga perlu mencuci pakaian secara teratur untuk mengurangi risiko kuman atau bakteri ditularkan ke orang lain. Tapi dalam situasi tertentu, pakaian harus dicuci dalam suhu air yang lebih tinggi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS