CEK FAKTA: Makan Pisang Bisa Mencegah Virus Corona Covid-19?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
CEK FAKTA: Makan Pisang Bisa Mencegah Virus Corona Covid-19?
Ilustrasi pisang. (Shutterstock)

Banyak sekali mitos tentang pencegah virus corona Covid-19 yang beredar luas di tengah kepanikan masyarakat.

Suara.com - Di tengah kepanikan masyarakat mengenai wabah virus corona Covid-19, banyak sekali informasi tidak benar yang beredar luas melalui media sosial maupun pesan WhatsApp.

Salah satunya, klaim mengenai buah pisang yang disebut bisa mencegah virus corona Covid-19. Klaim itu berbunyi sebuah penelitian oleh para ilmuwan di University of Queensland di Australia telah membuktikan bahwa pisang meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kaya vitamin B-6 dan membantu mencegah virus corona.

Faktanya, informasi mengenai pisang bisa menangkal virus corona Covid-19 adalah tidak benar. Video yang beredar di media sosial ini telah memanipulasi hubungan antara cara mencegah virus corona Covid-19 dan manfaat pisang.

Penelusuran fakta oleh Snopes, menemukan bahwa video itu tidak berasal dari kantor berita terkemuka. Pihaknya juga tidak menawarkan apapun yang berhubungan dengan konsumsi pisang bisa mencegah virus corona Covid-19 secara efektif.

Video itu dibuat dengan menggabungkan klip dari segmen berita ABC Australia pada Januari 2020 dan video berita Wall Street Journal pada Febuari 2020.

Ilustrasi rapid test virus Corona Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi rapid test virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Video tentang upaya para ilmuwan di Universitas Queensland dan National Institutes of Health untuk mengembangkan vaksin virus corona Covid-19 ini, disisipkan dengan manfaat kesehatan dari pisang. Adapun manfaat kesehatan pisang yang disisipkan sebagai berikut.

Pisang salah satu buah yang paling populer di seluruh dunia, sepeeti vitamin C yang bagus untuk kesehatan. Orang yang menjalani diet tinggi serat memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovskular.

Pisang mengandung air dan serat, yang keduanya bisa meningkatkan keteraturan dan mendorong kesehatan pencernaan. Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dan Universitas Queensland di Australia telah membuktikan pisang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Karena, pisang adalah sumber vitamin B-6 yang bisa membantu membcegah virus corona. Konsumsi pisang setiap hari bisa mencegah virus corona Covid-19.

Pisang Tidak Bisa Mencegah Virus Corona Covid-19

Dalam hal ini, pisang memang sumber serat yang baik, kalium makanan, vitamin B-6 dan Vitamin C yang semuanya komponen penting dalam diet sehat.

Namun, pisang tidak secara khusus bisa mencegah virus corona Covid-19. Bahkan tidak ada ilmuwan dari Universitas Queensland yang mengklaim informasi tersebut.

Ilustrasi kulit pisang. (Pixabay)
Ilustrasi pisang. (Pixabay)

Seorang juru bicara dari Universitas Queensland mengatakan kepada The Associates Press melalui email yang dikutip oleh Apnews, bahwa video mengenai pisang bisa mencegah virus corona Covid-19 adalah palsu. Pihaknya sangat menyarankan orang-orang untuk tidak membagikan video palsu tersebut.

Informasi itu juga telah menyebar di Filipina pada Maret 2020 setelah para pejabat di negara itu mengklaim bahwa pisang bisa membunuh virus corona. Bahkan ada pula klaim mengenai bawang putih mencegah virus corona.

"Tidak ada korelasi pisang atau bawang putih atau makanan apapun dalam mencegah dan membunuh virus corona jenis baru ini," kata Dr Faheem Younus, spesialis penyakit menular di University of Maryland.

Sampai sekarang metode yang paling efektif untuk melindungi diri dari virus corona Covid-19 adalah menjaga jarak sosial, mencuci tangan, tetap berada di rumah dan tidak menyentuh area mata, hidung dan mulut. Jadi, tidak ada metode pencegahan yang berhubungan dengan makanan apapun.

Kesimpulan:

Tidak ada korelasi bahwa makan buah pisang dalam mencegah ataupun membunuh virus corona Covid-19. Meski demikian, pisang memang sumber serat yang baik, mengandung kalium, vitamin B-6 dan Vitamin C. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS