alexametrics

7 Makanan yang Menyehatkan Paru-Paru dan Melancarkan Pernapasan

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
7 Makanan yang Menyehatkan Paru-Paru dan Melancarkan Pernapasan
Ilustrasi Makanan untuk Paru-Paru. (Shutterstock)

Di masa pandemi Covid-19 ini, pastikan paru-paru Anda tetap sehat dengan konsumsi 7 makanan berikut.

Suara.com - Paru-paru organ yang penting bagi tubuh agar metabolisme tetap berjalan baik. Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang banyak menyerang paru-paru atau saluran pernapasan.

Jadi, penting buat Anda menjaga paru-paru tetap sehat. Pastikan jangan sampai organ ini terganggu dan terkena virus, karena efeknya bakal lebih berat. Yuk, jaga paru-paru dengan 7 jenis makanan ini, mengutip Alternative World Club, Selasa (21/4/2020).

1. Air

Air murni dan bersih sangat penting untuk menjaga aliran darah ke dan dari paru-paru. Air juga membuat paru-paru kita terhidrasi dan kotoran seperti lendir bisa mengalir. Lendir akan membawa racun mikroba dan polutan keluar dari paru-paru.

Baca Juga: Bikin Bingung Dokter, Ini Keanehan yang Terjadi pada Paru Pasien Corona

Karena sebagian besar tubuh terbuat dari air, maka ketika tubuh mengalami dehidrasi kita akan merasakan efeknya. Selain membersihkan kotoran, air juga bisa menyebarkan nutrisi ke seluruh tubuh dan mengatur suhu.

2. Bawang putih dan bawang merah

Makanan pedas memang bagus untuk jantung dan juga paru-paru, karena berfungsi mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol, dan melawan infeksi. Bawang putih juga dikenal karena sifat antiinflamasi yang kuat.

Satu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology Biomarkers and Prevention menemukan fakta bahwa perokok yang makan bawang putih memiliki risiko kanker paru-paru 40 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi bawang putih mentah.

3. Jahe

Baca Juga: Tak Cuma Paru-Paru, Virus Corona Covid-19 Berpotensi Merusak Jantung!

Salah satu rempah-rempah yang kehadirannya banyak di Indonesia ini memiliki sifat antiinflamasi dan mampu membersihkan paru-paru dari polutan. Jahe memiliki beragam manfaat, tidak hanya untuk paru-paru, tapi juga seluruh tubuh.

Komentar