Atur Jadwal Tidur Bayi, Orangtua Bisa Berikan Stimulasi Cahaya Hingga Suara

M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati
Atur Jadwal Tidur Bayi, Orangtua Bisa Berikan Stimulasi Cahaya Hingga Suara
Ilustrasi jadwal tidur bayi. (Shutterstock)

Mengatur jadwal tidur bayi bisa dilakukan oleh orangtua dengan stimulasi loh. Simak caranya berikut ini ya!

Suara.com - Atur Jadwal Tidur Bayi, Orangtua Bisa Berikan Stimulasi Cahaya Hingga Suara

Bayi baru lahir tentu memiliki jam tidur yang belum teratur. Salah satu penyebabnya karena bayi belum bisa membedakan pagi dan malam. Sehingga waktu tidur kerap kali tertukar tidak seperti pada umumnya.

Tentu hal itu juga akan mempengaruhi jam tidur orangtua yang harus menenangkan si bayi jika rewel ketika bangun tidur. Untuk mengatasinya, orangtua sebenarnya bisa mengenalkan konsep perbedaan pagi dan malam pada anak.

"Contoh setiap pagi sampai sore biarkan cahaya matahari masuk ke rumah. Kalau tinggal di apartemen yang jarang matahari bisa nyalakan lampu. Jadi lewat rangsangan cahaya," kata Konselor menyusui, bidan Bd Salshabila Am. Keb dalam siaran langusung melalui akun Instagram Lactamilmama, Rabu (20/5/2020).

Salshabila menambahkan, setiap pagi hingga sore, anak bisa dibiasakan menggunakan baju dan celana pendek. Sehingga bayi merasa kulitnya tersimulasi.

Kemudian melalui suara, selama pagi hingga sore sebaiknya gunakan suara-suara agak ramai seperti dari televisi, musik, atau bunyi mesin cuci.

"Jadi bayi terstimulasi dari cahaya, permukaan kulit, dan suara," ucapnya.

Saat malam hari, bisa dilakukan hal sebaliknya dengan mengurangi jumlah cahaya atau menggunakan lampu tidur. Pakaikan bayi dengan baju dan celana panjang. Juga meminimalisir adanya suara.

Ilustrasi bayi tidur. (Shutterstock)
Ilustrasi jadwal tidur bayi. (Shutterstock)

Selain jadwal tidur bayi yang belum teratur, bayi yang sedang rewel juga seringkali menjadi persoalan. Apalagi bagi orangtua baru terkadang dibuat bingung dengan penyebab bayi rewel.

Salshabila menyarankan, jika hal itu terjadi hal pertama yang bisa dilakukan orangtua sebaiknya periksa keadaan anak.

"Kita harus cek satu-satu apa mungkin terlalu silau lampunya atau kebalikanya. Atau kita tes jangan-jangan dia gak terlalu suka berisik atau sebaliknya," ujarnya.

Perhatikan pula tanda-tanda pada tubuh bayi. Menurut Salshabila, kebanyakan orangtua terkadang luput untuk mengecek apakah ada ruam pada kulit anak yang bisa menyebabkan rasa gatal. Ruam itu biasanya terjadi pada area yang dipakaikan popok.

"Sering banget orangtua miss sama ruam akibat popok. Teknik menenangkan bisa di bedong bisa sushing atau disusuin. Tapi yang penting menenangkan bayi usahakan kita juga tenang," tuturnya.

Itulah cara mengatur jadwal tidur bayi yang bisa dilakukan orangtua.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS