Apakah Sabun Batang Aman Digunakan Selama Pandemi Covid-19?

Vania Rossa
Apakah Sabun Batang Aman Digunakan Selama Pandemi Covid-19?
Ilustrasi sabun batang. (Shutterstock)

Banyak yang beranggapan sabun batang tidak higienis sehingga tidak aman digunakan selama pandemi Covid-19. Benarkah?

Suara.com - Para ahli mempertimbangkan apakah Anda harus mencuci tangan, wajah dan tubuh dengan sabun batangan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Air dan sabun merupakan hal yang penting ketika kita mencuci tangan demi mencegah penularan Covid-19. Tapi mungkin banyak di antara Anda yang lebih suka menggunakan sabun cair untuk mencuci tangan. Lalu, bagaimana dengan sabun batang, apakah aman digunakan selama pandemi Covid-19?

Sabun batang memang lebih mudah ditemukan dan biasanya harganya lebih murah daripada sabun cair. Tetapi masalahnya, sabun batang tampak kurang higienis dibandingkan sabun cair.

Nah, ketika sabun batang digunakan oleh beberapa orang sekaligus, apakah itu higienis dan aman untuk digunakan selama pandemi? Berikut fakta seputar sabun batang, seperti dilansir dari Huffpost.

Sabun Batang Bukanlah Lingkungan Yang Ramah Untuk Virus

Sabun bekerja melawan virus corona dengan cara merusak membran lipid yang mengelilingi virus, menyebabkan virus menjadi mati.

Sederhananya, ilmu pengetahuan telah menunjukkan bahwa virus tidak dapat hidup dengan sabun apa pun, termasuk sabun batang. Itulah sebabnya Anda dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air sesering mungkin.

Tetapi Bisakah Bakteri Hidup di Sabun Batang?

Perlu diingat bahwa bakteri dan virus adalah dua hal yang berbeda. Bakteri (seperti Staphylococcus aureus) tidak dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui sabun, demikian kesimpulan sebuah penelitian pada tahun 1965.

Sebuah studi lanjutan pada tahun 1988 melihat apakah bakteri seperti E. coli dan Pseudomonas aeruginosa akan berpindah dari sabun batang yang terinfeksi ke kelompok uji. Hasil mengonfirmasi hasil penelitian awal bahwa bakteri pada sabun tidak dapat ditularkan melalui mencuci tangan.

Jika Anda masih tidak yakin, Anda selalu dapat mengambil tindakan pencegahan ekstra. Anda dapat menggunakan sabun cair daripada sabun batang, tetapi berhati-hatilah untuk tidak menyentuh bagian pompanya, karena Anda dapat berisiko terkontaminasi dari wadah.

“Sabun cair biasanya dikemas dalam wadah plastik, dan sangat sulit untuk menggunakannya tanpa menyentuh bagian luar,” kata Darien Sutton, seorang dokter IGD di New York.

Kapan Harus Menghindari Sabun Batang?

Sabun batang aman dan higienis untuk digunakan, tetapi Sutton menyarankan agar Anda menggunakan sabun batang Anda sendiri dan menjaganya terpisah dari sabun batangan yang digunakan oleh orang yang tinggal bersama Anda, terutama jika Anda atau mereka terinfeksi.

“Saya tidak berpikir ada bahaya serius jika satu orang berbagi sabun dengan yang lain, tetapi jika Anda mencoba untuk mengurangi risiko kontaminasi sebanyak mungkin, Anda harus menggunakan sabun Anda sendiri,” kata Sutton kepada HuffPost.

Yang terbaik adalah memiliki sabun pribadi sendiri - terutama jika Anda menggunakannya pada tubuh atau wajah Anda - untuk mengurangi risiko kontaminasi, tambah Janette Nesheiwat, dokter keluarga di New York.

Cara Benar Menyimpan Sabun Batang

Jika sabun batang adalah satu-satunya pilihan Anda, bilaslah dengan benar sebelum dan setelah setiap penggunaan, kata Nesheiwat.

“Setelah selesai memakai sabun, bilas dan letakkan di wadah yang kering dan terbuka. Jika Anda menutupnya, ini justru merupakan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang di permukaannya,” kata Sutton.

Kamar mandi sendiri adalah tempat berkembang biak bagi bakteri. Jika Anda berbagi kamar mandi dengan orang lain di rumah, Anda dan yang lainnya harus memiliki sabun terpisah, dan Anda harus membersihkan kamar mandi setiap kali selesai menggunakannya.

Tetapi, tak perlu terobsesi dengan jenis sabun yang Anda gunakan, Sutton menambahkan. Ketika Anda berbagi kamar mandi dengan seseorang, Anda mungkin akan saling mencemari dengan satu atau lain cara, apakah Anda berbagi sabun batang atau tidak.

Pada akhirnya, ingatlah untuk terus mencuci tangan dengan sabun, apakah itu sabun cair atau sabun batang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS