Studi: Cokelat, Susu, Makanan Manis dan Berlemak Bisa Memicu Jerawat

Yasinta Rahmawati, Fita Nofiana

Kamis, 11 Juni 2020 | 17:07 WIB
Studi: Cokelat, Susu, Makanan Manis dan Berlemak Bisa Memicu Jerawat
Ilustrasi jerawat bisa bikin jerawat muncul. (Shutterstock)

Suara.com - Cokelat, makanan manis, susu dan makanan berlemak lainnya bisa menimbulkan jerawat. Pernyataan tersebut dilaporkan dalam jurnal JAMA Dermatology yang terbit pada Rabu (10/6/2020).

"Ini adalah penelitian penting dan menambah bukti yang telah menemukan bahwa pola makan tertentu mungkin menjadi salah satu faktor pemicu jerawat bagi beberapa individu," kata dokter kulit bersertifikat Dr. Rajani Katta, juru bicara untuk American Academy of Dermatology yang tak terkait penelitian pada CNN.

"Studi saat ini mendukung dengan hubungan terkuat yang ditemukan antara jerawat dan konsumsi produk berlemak dan bergula. Minuman manis dan susu juga dikaitkan dengan jerawat saat ini pada orang dewasa, meskipun hubungannya kurang kuat," tambahnya.

Dilansir dari CNN, orang yang berjerawat mengkonsumsi lebih banyak susu, coklat, makanan ringan dan makanan cepat saji serta produk berlemak dan bergula. Mereka yang berjerawat juga makan lebih sedikit daging, ikan, sayuran, buah-buahan dan cokelat hitam (yang memiliki lebih sedikit susu).

Ilustrasi cokelat. (Pixabay/Congerdesign)
Ilustrasi cokelat. (Pixabay/Congerdesign)

Pada penelitian itu menyebutkan,  bahwa konsumsi susu, minuman manis termasuk minuman olahraga, makanan berlemak, dan bergula disebut secara independen terkait dengan jerawat.

Salah satu alasan makanan manis menyebabkan jerawat karena makanan bergula menyebabkan peningkatan kadar insulin, hormon, dan bahan kimia lain yang bersirkulasi yang menciptakan stres dan peradangan oksidatif yang dapat menyebabkan jerawat.

Studi baru ini adalah bagian dari penelitian yang sedang berkembang di mana mengubah pandangan ahli kulit tentang cokelat, gula, dan jerawat.

"Pemikiran kami saat ini tentang peran diet dan jerawat benar-benar telah mengalami perubahan yang signifikan dalam satu setengah dekade terakhir," kata Katta.

Ilustrasi mengurangi makanan manis. (Shutterstock)
Ilustrasi mengurangi makanan manis. (Shutterstock)

"Sebelumnya, jika seorang pasien bertanya tentang hubungan antara makanan dan jerawat, kebanyakan dokter kulit akan memberi tahu bahwa itu bukan faktor penting," katanya.

baca juga

"Ini terutama berdasarkan penelitian dari tahun 1960-an yang membandingkan cokelat batangan manis dengan batangan non-cokelat manis dan tidak menemukan perbedaan dalam jerawat," tambah Katta.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Dulu Dibully karena Jerawat, Pria Ini Malah Jadi Model Produk Kecantikan

Dulu Dibully karena Jerawat, Pria Ini Malah Jadi Model Produk Kecantikan

Lifestyle | Selasa, 09 Juni 2020 | 09:00 WIB

Agar Tak Berjerawat, Ini Cara Pakai Make Up Saat Menggunakan Masker

Agar Tak Berjerawat, Ini Cara Pakai Make Up Saat Menggunakan Masker

Lifestyle | Minggu, 07 Juni 2020 | 18:41 WIB

Wajib Tahu! 10 Bahan Alami Ini Ampuh Hilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Wajib Tahu! 10 Bahan Alami Ini Ampuh Hilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Lifestyle | Jum'at, 05 Juni 2020 | 16:40 WIB

Terkini

Bank Sumsel Babel Tebar Promo HUT RI, Jajan Cukup Bayar Rp1.945 dengan QRIS BSB Mobile

Bank Sumsel Babel Tebar Promo HUT RI, Jajan Cukup Bayar Rp1.945 dengan QRIS BSB Mobile

Sumsel | Kamis, 13 Agustus 2026 | 00:06 WIB

Cashback Jadi Andalan Luna Maya Saat Belanja, Sudah Kumpulkan Hingga Rp 1,6 Juta

Cashback Jadi Andalan Luna Maya Saat Belanja, Sudah Kumpulkan Hingga Rp 1,6 Juta

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 00:02 WIB

Bank Sumsel Babel Perluas Layanan, 624 Prajurit Yonif TP 893 Kini Punya Akses Perbankan

Bank Sumsel Babel Perluas Layanan, 624 Prajurit Yonif TP 893 Kini Punya Akses Perbankan

Sumsel | Rabu, 12 Agustus 2026 | 23:57 WIB

Dari Sekolah hingga UMKM, Internet Mengubah Kehidupan Warga di Daerah 3T

Dari Sekolah hingga UMKM, Internet Mengubah Kehidupan Warga di Daerah 3T

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 23:50 WIB

Karhutla Sumsel Makin Sulit Dikendalikan, Hujan Buatan Terkendala Awan

Karhutla Sumsel Makin Sulit Dikendalikan, Hujan Buatan Terkendala Awan

Sumsel | Rabu, 12 Agustus 2026 | 23:46 WIB

Karhutla Sumsel Makin Sulit Dipadamkan, Sumber Air Mulai Jadi Masalah

Karhutla Sumsel Makin Sulit Dipadamkan, Sumber Air Mulai Jadi Masalah

Sumsel | Rabu, 12 Agustus 2026 | 23:38 WIB

Viral Tukang Cukur di Rancabungur Dimarahi Karena Belum Pasang Bendera, Ini Kata Camat

Viral Tukang Cukur di Rancabungur Dimarahi Karena Belum Pasang Bendera, Ini Kata Camat

Bogor | Rabu, 12 Agustus 2026 | 23:32 WIB

Bintang-bintang Legendaris Liga Inggris akan Saling Berhadapan di GBK, Catat Waktunya

Bintang-bintang Legendaris Liga Inggris akan Saling Berhadapan di GBK, Catat Waktunya

Bola | Rabu, 12 Agustus 2026 | 22:45 WIB

Yenti Garnasih Bongkar Indikasi TPPU Febrie dan Luruskan Istilah Kriminalisasi

Yenti Garnasih Bongkar Indikasi TPPU Febrie dan Luruskan Istilah Kriminalisasi

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 22:39 WIB

Polisi Temukan Bukti Permulaan, Kasus Kematian Sutrimo Naik ke Tahap Penyidikan Pidana

Polisi Temukan Bukti Permulaan, Kasus Kematian Sutrimo Naik ke Tahap Penyidikan Pidana

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 22:35 WIB

×