Masa Isolasi Akibat Covid-19 Pengaruhi Kesehatan Vagina, ini Kata Ahli!

Angga Roni Priambodo | Shevinna Putti Anggraeni
Masa Isolasi Akibat Covid-19 Pengaruhi Kesehatan Vagina, ini Kata Ahli!
Ilustrasi organ intim, vagina (shutterstock)

Ahli memaparkan beberapa kebiasaan selama masa isolasi akibat Covid-19 yang memengaruhi kesehatan vagina.

Suara.com - Semua orang tetap disarankan rutin mencuci tangan pakai air dan sabun ketika masa isolasi di rumah aja. Sayangnya, banyak orang mungkin melewatkan untuk tetap merawat area organ intim.

Virus corona Covid-19 sendiri tidak memengaruhi area organ intim wanita, vagina. Tapi dilansir dari Mirror UK, perubahan selama masa isolasi mandiri di rumah mungkin akan berdampak pada vagina.

Seorang ginekolog, Anne Henderson menjelaskan penyebab new normal bisa memengaruhi kesehatan organ intim wanita.

1. Kebugaran

Pada awal masa isolasi mandiri, semua orang masih aktif untuk olahraga. Hal ini bagus untuk pikiran dan tubuh. Tapi, Anda perlu hati-hati ketika mengenakan pakaian ketat seperti legging.

Jika Anda tidak mencuci peralatan olahraga dengan benar dan memakai sabun yang salah. Maka hal itu bisa menyebabkan bacterial vaginosis (BV).

"Sebenarnya berkeringat dan olahraga tidak berbahaya serta tidak akan menyebabkan BV. Tapi, kebiasaan yang dilakukan wanita bisa menyebabkan kondisi ini dan mereka lebih rentan terkena BV," kata Anne.

Ilustrasi organ intim, vagina (shutterstock)
Ilustrasi organ intim, vagina (shutterstock)

Anne mengatakan seseorang mungkin lebih sering mandi menggunakan sabun mandi yang kuat, jika sering berkeringat. Selain itu, seseorang juga senang mencuci pakaian olahraga dan pakaian dalam menggunakan deterjen yang lebih kuat.

"Deterjen yang lebih kuat sering memiliki iritasi alkali di dalamnya yang bisa ditransfer ke pakaian. Karena itu, saat memakai celana dalam dan legging ketat bisa mengganggu keseimbangan pH di daerah vagina yang bisa menyebabkan BV," kata Anne.

Anne merekomendasikan untuk menggunakan sabun yang lebih lembut untuk mencuci pakaian ketat, pakaian olahraga dan pakaian tanpa iritasi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS