alexametrics

Ingin Turunkan Kadar Kolesterol? Rutin Minum Teh Hijau Mulai Sekarang

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Ingin Turunkan Kadar Kolesterol? Rutin Minum Teh Hijau Mulai Sekarang
Manfat teh hijau ( Shutterstock )

Minum ramuan teh hijau bisa membantu mengontrol kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh.

Suara.com - Kadar kolesterol yang tinggi artinya kolesterol jahat dalam tubuh jauh lebih banyak daripada kolesterol baik. Kolesterol jahat ini menempel di dinding arteri.

Kolesterol jahat ini bisa mempersempit jalan arteri, lalu membuat jantung bekerja lebih keras untuk mengangkut darah ke seluruh tubuh.

Seiring waktu, kadar kolesterol tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung yang termasuk salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia.

Gejala penyakit jantung termasuk nyeri dada atau angina, serangan jantung dan gagal jantung. Penyakit mematikan ini muncul ketika suplai darah jantung terganggu oleh penumpukan lemak lain, yang termasuk kolesterol jahat di arteri koroner.

Baca Juga: Berapa Lama Daging Tahan di Kulkas? Ini Penjelasan Lengkapnya

Akademi Ilmu Kedokteran Tiongkok mempelajari manfaat kesehatan dari mengonsumsi teh hijau. Mereka berusaha mengidentifikasi dan mengukur efek teh hijau dan ekstranya terhadap kolesterol total (TC), kolesterol LDL dan kolesterol HDL.

5 Cara Mengendalikan Kadar Kolesterol Usai Lebaran. (Shutterstock)
Kadar kolesterol. (Shutterstock)

Kolesterol LDL adalah kolesterol jahat karena terdapat rasio kolesterol terhadap protein yang tinggi. Kolesterol LDL ini adalah jenis kolesterol yang bisa menyumbat arteri dan menyebabkan konsekuensi kesehatan yang serius.

Sedangkan dilansir dari Express, kolesterol HDL adalah kolesterol baik karena memiliki rasio protein terhadap kolesterol yang lebih tinggi, sehingga memungkinkan lipoprotein untuk mengambil kelebihan kolesterol untuk dibawa kembali ke hati.

Saat kolesterol disimpan dalam hati, kolesterol akan dipecah dan dikeluarkan dari tubuh.

John Hopkins Medicine telah mengidentifikasi dua sumber kolesterol adalah diet dan hati. Hati membuat semua jenis kolesterol yang dibutuhkan tubuh. Jadi, kelebihan kolesterol dari makanan perlu diatasi.

Baca Juga: Tiap Hari Makan Daging? Hati-Hati 5 Tanda Tubuh Kesulitan Mencerna!

Selain berolahraga dan menjaga berat badan yang sehat, lembaga kesehatan itu juga menyarankan minum teh yang bisa menurunkan kolesterol tinggi.

Komentar