Konsumsi Imunomodulator Saat Pandemi, Benarkah Baik untuk Imunitas Tubuh?

M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati
Konsumsi Imunomodulator Saat Pandemi, Benarkah Baik untuk Imunitas Tubuh?
Ilustrasi suplemen imunomodulator. (Shutterstock)

Saat sistem imun sedang terganggu tubuh memerlukan imunomodulator, zat yang mampu meningkatkan imunitas.

Suara.com - Menjaga imunitas tubuh jadi kunci untuk menghindari efek buruk infeksi virus corona Covid-19. Bahan herbal asli Indonesia yang banyak dijual dipasaran juga bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak kekebalan tubuh.

"Sepanjang herbalnya aman maka siapa pun boleh pakai walupun imunitasnya sudah baik. Kita kan susah membuktikan apakah imun seseorang baik atau tidak," kata Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Trasisional dan Jamu Indonesia dr. Inggrid Tania, MSi., dalam webinar Peluncuran Fatigon Promuno, Selasa (4/8/2020).

Inggrid menjelaskan bahwa saat sistem imun sedang terganggu tubuh memerlukan imunomodulator, zat yang mampu memodifikasi respon imun.

Selain itu, juga berperan dalam mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif juga mengembalikan keseimbangan sistem imun.

Imunomodulator yang berperan sebagai imunostimulan bermanfaat untuk meningkatkan kerja komponen-komponen sistem imun.

Inggrid menyampaikan kandungan tersebut bisa ditemukan pada ekstrak herbal seperti echinacea, meniran, jinten hitam, sambiloto, bawang putih, kunyit, dan jahe merah.

Meniran bersifat imunostimulasi kuat yang bisa mempercepat penyembuhan infeksi virus cacar air.

Sedangkan jahe merah sebagai imunostimulasi yang bersifat anti-radang dan membantu meredakan batuk serta gangguan pencernaan.

"Beberapa herbal yang bersifat imunomodulator dapat dikombinasikan untuk mendapatkan efek modulasi respons imun yang lebih optimal dan seimbang," katanya.

Menurut Inggrid, imunomodulator cocok dikonsumsi selama masa pandemi dan seterusnya untuk menjaga sistem imun.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS