Kopi Disebut Bisa Turunkan Risiko Bunuh Diri, Mitos atau Fakta?

Bimo Aria Fundrika

Jum'at, 14 Agustus 2020 | 09:38 WIB
Kopi Disebut Bisa Turunkan Risiko Bunuh Diri, Mitos atau Fakta?
Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)

Suara.com - Perdebatan tentang manfaat dan risiko mengonsumsi kopi masih terus berlangsung hingga hari ini. Tapi, dalam studi terbaru oleh Harvard School of Public Health, dikatakan bahwa minum beberapa cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko bunuh diri sekitar 50 persen. Ini berlaku untuk pria dan perempan.

Studi ini dipublikasikan secara online pada 2 Juli di The World Journal of Biological Psychiatry. Menurut Harvard Gazette, studi tersebut dilakukan dengan meninjau tiga kelompok besar data yang dikumpulkan di AS dalam jangka waktu 20 tahun.

Adapun mereka yang ikut penelitian ini antara lain, 43.599 laki-laki yang terdaftar dalam Health Professionals Follow-Up Study (HPFS) (1988–2008), 73.820 perempuan di Nurses 'Health Study (NHS) (1992-2008), dan 91.005 perempuan di Nurses 'Health Study II (NHSII) (1993-2007). Demikian dilansir dari World of Buzz. 

Para penulis penelitian menemukan bahwa orang dewasa yang minum dua hingga empat cangkir kopi berkafein dalam sehari memiliki risiko bunuh diri yang lebih rendah (sekitar 50 persen) dibandingkan dengan rekan mereka yang minum kopi tanpa kafein atau sangat sedikit atau tidak ada kopi.

Ilustrasi kopi (shutterstock)
Ilustrasi kopi (shutterstock)

Peneliti utama percaya bahwa kafein adalah elemen di balik efek ini. Lebih lanjut mereka menjelaskan bahwa kafein merangsang sistem saraf pusat dan dapat bertindak sebagai antidepresan ringan. Caranya, dengan meningkatkan produksi neurotransmiter tertentu di otak, termasuk serotonin, dopamin, dan noradrenalin. Selain itu telah dilaporkan dalam penelitian sebelumnya bahwa peminum kopi memiliki risiko depresi yang lebih rendah.

Dalam data yang dianalisis, sumber utama kafein informan adalah kopi. Namun, para peneliti tidak merekomendasikan orang dewasa yang depresi untuk meningkatkan asupan kafein mereka. Ini karena kebanyakan orang menyesuaikan asupan kafein agar sesuai dengan mereka dan peningkatan tersebut dapat mengakibatkan beberapa efek samping yang tidak menyenangkan.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Ingin Buat Kopi ala Barista di Rumah, Intip Dulu Caranya

Ingin Buat Kopi ala Barista di Rumah, Intip Dulu Caranya

Lifestyle | Kamis, 06 Agustus 2020 | 15:21 WIB

Nggak Cuma Bikin Melek, Ini Dia 5 Manfaat Minum Kopi

Nggak Cuma Bikin Melek, Ini Dia 5 Manfaat Minum Kopi

Your Say | Kamis, 30 Juli 2020 | 13:54 WIB

5 Fakta Unik Kopi Susu, Minuman Favorit Lintas Generasi

5 Fakta Unik Kopi Susu, Minuman Favorit Lintas Generasi

Lifestyle | Minggu, 26 Juli 2020 | 17:31 WIB

Terkini

Penjualan Eceran Juli 2026 Diprediksi Tumbuh 0,9 Persen, Makanan dan Minuman Jadi Penopang

Penjualan Eceran Juli 2026 Diprediksi Tumbuh 0,9 Persen, Makanan dan Minuman Jadi Penopang

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:20 WIB

Daftar Tuduhan Mantan Presiden Suriah Bashar Al Assad Hingga Divonis Hukuman Mati

Daftar Tuduhan Mantan Presiden Suriah Bashar Al Assad Hingga Divonis Hukuman Mati

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:17 WIB

WNI Jadi Korban Tewas! Ini Kronologi Kapal Kargo Diserang Rudal di Selat Bab el-Mandeb

WNI Jadi Korban Tewas! Ini Kronologi Kapal Kargo Diserang Rudal di Selat Bab el-Mandeb

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:17 WIB

Duel 2 Serum Wardah untuk Atasi Jerawat: Acne Care vs Acne Relief, Mana yang Beri Hasil Instan?

Duel 2 Serum Wardah untuk Atasi Jerawat: Acne Care vs Acne Relief, Mana yang Beri Hasil Instan?

Lifestyle | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:15 WIB

Bintang Harry Potter Cuan Besar Gabung OnlyFans, Gaji 12 Bulan Setara Main Film Bertahun-tahun

Bintang Harry Potter Cuan Besar Gabung OnlyFans, Gaji 12 Bulan Setara Main Film Bertahun-tahun

Entertainment | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:11 WIB

Desil Tak Sesuai Fakta, Ini Cara Pembaruan Data DTKS Offline dan Online

Desil Tak Sesuai Fakta, Ini Cara Pembaruan Data DTKS Offline dan Online

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:07 WIB

2 ABK WNI Selamat dari Serangan Drone di Selat Bab Al-Mandeb Alami Luka-luka

2 ABK WNI Selamat dari Serangan Drone di Selat Bab Al-Mandeb Alami Luka-luka

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:06 WIB

Iran Tahan Pembukaan Selat Hormuz, Harga Minyak Dunia Tembus 88 Dolar AS

Iran Tahan Pembukaan Selat Hormuz, Harga Minyak Dunia Tembus 88 Dolar AS

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:05 WIB

Pesan Menyentuh Audy Item untuk Iko Uwais Usai Keguguran di Usia Kandungan 7 Minggu

Pesan Menyentuh Audy Item untuk Iko Uwais Usai Keguguran di Usia Kandungan 7 Minggu

Entertainment | Rabu, 12 Agustus 2026 | 06:52 WIB

3 Zodiak yang Beruntung dan Punya Nasib Baik 12 Agustus 2026, Keinginan akan Terwujud

3 Zodiak yang Beruntung dan Punya Nasib Baik 12 Agustus 2026, Keinginan akan Terwujud

Lifestyle | Rabu, 12 Agustus 2026 | 06:31 WIB

×