Kenali, Ada 3 Faktor Risiko yang Menyebabkan Pikiran Bunuh Diri

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Kenali, Ada 3 Faktor Risiko yang Menyebabkan Pikiran Bunuh Diri
Ilustrasi Bunuh diri (Unsplash/Eva Blue)

Ada beberapa faktor risiko yang meningkatkan keinginan seseorang melakukan atau berpikir untuk bunuh diri.

Suara.com - Keputusan bunuh diri menjadi hal yang kompleks untuk dijelaskan. Namun dengan memahami berbagai faktor risiko, maka bunuh diri kemungkinan besar bisa dicegah. 

"Seringkali, orang-orang terlibat dalam pemikiran bunuh diri atau perilaku bunuh diri karena mereka merasa tidak dapat lagi menahan rasa sakit psikologis dan emosional yang mereka alami saat ini," kata Anthony P. DeMaria, PhD, psikolog klinis dan psikoterapis di Rumah Sakit Mount Sinai St. Luke, New York.

Melansir dari Health, berikut adalah beberapa faktor risiko yang sering kali terkait dengan keputusan bunuh diri, antara lain:

1. Faktor Biologis

Baca Juga: Psikiater Sebut Tindakan Bunuh Diri Bisa Menular

Faktor risiko yang  peryama adalah biologis, termasuk penyakit, baik mental maupun fisik. "Menderita penyakit yang menyebabkan nyeri kronis, bisa jadi salah satu faktor risiko biologis," kata DeMaria.

Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)
Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)

2. Faktor Psikologis

Faktor psikologis muncul dengan ketahanan seseorang dan keterampilan mengatasi masalah. Hal ini juga biasanya hadir dengan rasa putus asa. 

"Orang yang mengalami depresi, bipolar, atau mengalami stres pascatrauma, lebih rentan terhadap pikiran atau tindakan bunuh diri," kata Michael Genovese, MD, psikiater klinis, spesialis kecanduan, dan kepala petugas medis Acadia Healthcare, mengatakan kepada Health

Meskipun banyak orang mungkin mengalami depresi klinis, namun hanya sedikit yang mencoba bunuh diri. Selain itu, perasaan putus asa juga jadi faktor risiko besar lainnya. 

Baca Juga: 4 Cara yang Harus Dilakukan Saat Dicurhati Orang Lain Masalah Bunuh Diri

Ilustrasi depresi
Ilustrasi depresi

3. Faktor Sosial

DeMaria menyebut faktor sosial dengan determinan sosial kesehatan. Pikirkan bunuh diri dengan faktor ini biasanya dipicu oleh berbagai faktor seperti kesehatan finansial seseorang, kekuatan dan kualitas hubungan, situasi lingkungan, hingga  pengalaman kerja.

"Situasi stres dapat menyebabkan bunuh diri," kata Dr. Genovese. Dalam hal ini, peristiwa yang bisa membuat stres adalah tekanan keuangan, pekerjaan, akademis, hingga kehilangan orang yang dicintai. 

Selain beberapa faktor di atas, rasa tak pantas hidup hingga kurangnya koneksi sosial juga bisa memperparah keinginan untuk bunuh diri. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS