Kenali, Begini 3 Tanda Paling Umum Diabetes Tipe 2

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Kenali, Begini 3 Tanda Paling Umum Diabetes Tipe 2
Gejala Diabetes

Setidaknya ada tiga gejala paling umum yang terlihat pada penderita diabetes tipe 2.

Suara.com - Diabetes tipe 2 adalah kondisi umum yang menyebabkan kadar gula darah tinggi. Kondisi kesehatan ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi parah, seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, stroke, serta gangguan mikrovaskular seperti disfungsi ereksi, retinopati, dan nefropati. 

Melansir dari Express, deteksi dan pengobatan dini diabetes tipe 2 dapat meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi risiko komplikasi. Untuk mengenali diabetes secara dini, maka berikut adalah tiga tanda umum diabetes tipe 2, antara lain:

1. Sering buang air kecil

Peningkatan intensitas buang air kecil adalah tanda dan gejala diabetes secara umum.

Baca Juga: Awas Diabetes Tipe 2, Cek Adakah Kulit Halus dan Mengkilat di Tubuh?

Menurut Mayo Clinic, saat Anda menderita diabetes, kelebihan glukosa menumpuk di darah. Dengan begitu, ginjal dipaksa bekerja untuk menyaring dan menyerap kelebihan glukosa.

"Ini biasanya akan membuat Anda merasa haus. Saat Anda minum lebih banyak cairan untuk memuaskan dahaga, Anda akan buang air kecil lebih banyak pula," catat Mayo Clinic.

2. Sering merasa haus

Rasa haus terus menerus pada orang diabetes disebabkan oleh terlalu banyak gula di dalam darah. Ketika seseorang mengidap diabetes tipe 2, tubuh tidak dapat memproses gula dari makanan dengan benar.

Kondisi ini yang menyebabkan gula terkumpul dalam darah. Kadar gula darah yang tinggi memaksa ginjal bekerja keras untuk membuang gula berlebih yang membuat orang tersebut terus-menerus merasa haus.

Baca Juga: Benarkah Diabetes Tipe 1 Bisa Berubah Jadi Tipe 2? Ini Faktanya

Ilustrasi minum air putih. (Shutterstock)
Ilustrasi minum air putih. (Shutterstock)

3. Kelelahan

Kadar glukosa darah menjadi tinggi bila insulin rendah atau tidak bekerja secara efektif. "Dalam menyuplai energi, insulin dibutuhkan untuk mengangkut glukosa dari darah ke dalam sel yang kemudian diubah menjado energi," jelas Diabetes.co.uk.

"Ketika tidak ada cukup insulin atau insulin tidak bekerja secara efektif, maka gula dalam darah tidak dapat masuk ke dalam sel  dan membuat sel kita tidak menerima energi yang dibutuhkan," imbuhnya. Hal ini yang kemudian akan membuat Anda merasa kelelahan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS