Awas Diabetes Tipe 2, Cek Adakah Kulit Halus dan Mengkilat di Tubuh?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Awas Diabetes Tipe 2, Cek Adakah Kulit Halus dan Mengkilat di Tubuh?
Ilustrasi masalah kulit. (Shutterstock)

Banyak gejala diabetes tipe 2 yang sulit dikenali, salah satunya tanda-tanda yang terlihat pada kulit.

Suara.com - Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh menjadi resisten terhadap hormon insulin. Akibatnya, kadar gula darah terus meningkat yang bisa menyebabkan sejumlah penyakit.

Dalam hal ini, pankreas bertanggung jawab untuk membuat hormon insulin untuk memungkinkan glukosa dalam darah masuk ke dalam sel dan mengisi bahan bakar tubuh.

Tapi, tubuh Anda mengalami beberapa masalah jika kadar gula darah terlalu tinggi. Gula adalah glukosa yang berasal dari makanan. Biasanya, pankreas bisa merasakan ketika glukosa ada di dalam tubuh dan melepaskan insulin dalam jumlah cukup.

Sayangnya, penderita diabetes tipe 2 tidak memiliki respons alami tubuh tersebut. Sebaliknya, jumlah gula dalam aliran darah terus meningkat sehingga menimbulkan gejala dan komplikasi.

Baca Juga: Penelitian Jepang: Jus Kesemek Bisa Buat Virus Corona Jadi Tak Berbahaya?

Badan kesehatan diabetes UK menjelaskan bahwa gejala kondisi ini biasanya berkembang secara perlahan dan bertahap. Hal itulah yang membuat penderitanya sering kali tidak menyadari sampai terjadi komplikasi.

Ilustrasi diabetes. (Shutterstock)
Ilustrasi diabetes. (Shutterstock)

Adapun tanda-tanda awal diabetes tipe 2 yang umum, antara lain sering buang air kecil, terutama di malam hari ketika hendak tidur.

Tanda-tanda lainnya termasuk mudah merasa haus, lebih sering lelah daripada biasanya dan penurunan berat badan tanpa penyebab.

Orang yang menderita diabetes tipe 2 juga akan lebih sering mengalami sariawan dan gatal di bagian alat kelamin. Selain itu, kondisi ini bisa menyebabkan penglihatan kabur dan luka yang sulit disembuhkan,

Padahal gula darah yang terlalu tinggi dalam jangka waktu lama atau hiperglikemia bisa menyebabkan luka yang tidak sembuh di kaki. Pada akhirnya, kondisi ini bisa menyebabkan masalah kaki serius.

Baca Juga: Tips Memilih Sabun Untuk Pemilik Kulit Sensitif

Karena itu dilansir dari Express, Anda perlu memperhatikan dan mewaspadai setiap gejala diabetes tipe 2 yang berkembang di tubuh. Anda juga perlu mewaspadai bila melihat kulit halus tipis dan mengkilat.

Sebab, kulit halus yang mengkilat itu bisa menjadi tanda lain dari diabetes tipe 2. Sementara penyebab lainnya termasuk mati rasa, nyeri terbakar, nyeri tumpul dan hilangnya rasa di bagian kaki.

Selain itu, gula darah yang tinggi bisa merusak sirkulasi darah dalam tubuh. Karena itu, penyembuhan luka pada penderita diabetes membutuhkan waktu lama.

Komplikasi kesehatan lain dari diabetes tipe 2 termasuk risiko serangan jantung atau stroke yang lebih tinggi. Seseorang dengan diabetes yang tidak terkontrol mungkin lebih berisiko terkena penyakit ginjal.

Saat penyakit ginjal berkembang, Anda cenderung mengalami pembengkakan pada pergelangan kaki dan tangan. Anda juga mungkin merasa mual, karena ginjal berjuang untuk membuang limbah dari tubuh.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS