Sering Minum Kopi Bisa Tingkatkan Asam Lambung, Mitos atau Fakta?

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Sering Minum Kopi Bisa Tingkatkan Asam Lambung, Mitos atau Fakta?
Ilustrasi minum kopi. (shutterstock)

Bagi Anda pecinta kopi pasti sering diingatkan untuk jangan terlalu banyak mengonsumi kopi, karena kafein bisa menyebabkan asam lambung. Mitos atau fakta?

Suara.com - Bagi Anda pecinta kopi pasti sering diingatkan untuk jangan terlalu banyak mengonsumi kopi, karena kafein bisa menyebabkan asam lambung. Mitos atau fakta?

Menjawab pertanyaan tersebut, praktisi Kesehatan sekaligus Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam membenarkan kandungan kafein pada kopi bisa meningkatkan produksi asam lambung.

"Perlu disampaikan di dalam kopi itu ada unsur kafein, kafein ini disebutkan bisa meningkatkan asam lambung," ujar Prof. Ari dalam diskusi di IG LIVE, Kamis (24/9/2020).

Meski para produsen minuman kopi berdalih tidak mengandung zat asam atau non acid, kandungan kafein inilah dipastikan bisa meningkatkan asam lambung.

Baca Juga: 5 Cara Perawatan Rambut Alami dengan Kopi

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu menjelaskan kandungan kafein di lambung sifatnya agresif yang menyebabkan kerusakan seperti stres dan makanan pedas.

Lalu ada juga faktor defensif yang memberikan efek perlindungan, seperti obat penghilang rasa sakit.

"Obat itu menyebabkan penipisan, secara langsung merusak tapi juga menipiskan dinding lambung," terang Prof. Ari.

Agar lambung sehat, menurut Prof. Ari penting menjaga keseimbangan antara faktor agresif dan faktor defensif agar tidak terjadi masalah lambung.

"Biar kita tahu dulu bahwa di dalam lambung ada keseimbangan ada agresif dan defensif, kalau dijaga bagus, tapi kalau tidak dijaga jadinya bisa menyebabkan masalah lambung," tutupnya.

Baca Juga: Studi WHO: Konsumsi Air Sangat Panas Tingkatkan Risiko Kanker Esofagus

Ia juga tidak menyarankan untuk mengonsumsi kopi botol yang dijual dalam kemasan satu liter.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS