Tugas Penting Caregiver Untuk Pasien Kanker, Begini Kata Dokter

Vania Rossa | Luthfi Khairul Fikri
Tugas Penting Caregiver Untuk Pasien Kanker, Begini Kata Dokter
Ilustrasi perawat pasien kanker, caregiver. (thinkprogress.org)

Anda yang saat ini tengah merawat pasien atau anggota keluarga yang terkena kanker, wajib tahu apa saja peran Anda sebagai caregiver.

Suara.com - Caregiver adalah orang yang merawat dan memberi dukungan bagi orang yang punya keterbatasan, salah satunya penderita kanker. Posisi caregiver sendiri sangat penting bagi kesejahteraan fisik dan emosional pasien kanker yang tengah berjuang melawan penyakitnya.

Spesialis Penyakit Dalam Hematologi & Onkologi Medik, Dr. dr. Cosphiadi Irawan, SpPD, KHOM mengatakan masih banyak masyarakat belum banyak mengetahui tugas utama caregiver secara profesional. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui saat menjadi caregiver penderita kanker.

1. Caregiver jadi jembatan antara pasien dengan dokter
Beberapa penderita kanker mungkin sulit memahami penjelasan dokter terkait pengobatan yang dijalani. Fungsi caregiver salah satunya menjadi orang kepercayaan pasien untuk mendapat informasi terkait kondisi terbarunya. Seorang caregiver juga perlu sering konsultasi dengan dokter. Lalu dilanjutkan, caregiver juga harus bisa menyampaikan informasi tersebut dengan cara yang mudah dipahami dan dimengerti secara baik kepada pasien.

2. Caregiver mampu menyaring informasi
Di era digital ini, banyak informasi menyesatkan terkait pengobatan kanker, seperti pengobatan alternatif atau suplemen yang belum jelas manfaatnya. Karena itu, seorang caregiver sebaiknya mengikuti informasi terkini dan membantu pasien memfilter informasi tersebut.

Baca Juga: Pasien Kanker Tidak Bisa Langsung Mendapatkan Vaksin Covid-19

3. Caregiver menjadi pendengar baik
Pasien kanker pasti akan merasa terpuruk di tahun pertama setelah diagnosis. Mereka akan menghadapi banyak tantangan, mulai dari beban mental hingga psikososial. Di sinilah peran caregiver yang sangat diperlukan.

Caregiver sebaiknya bisa memposisikan diri sebagai teman curhat ataupun pendengar yang baik. Buatlah mereka nyaman dan dengarkan keluh kesah mereka dengan sabar. Dengan begitu mereka akan menjadi lebih terbuka.

4. Caregiver bantu memasukkan pasien bergabung dengan kelompok kanker
Bergabung dengan kelompok kanker bisa membuat pasien termotivasi. Karena para penyintas kanker adalah support sistem yang ideal bagi pasien. Mereka juga memiliki empati yang tinggi karena pernah berada di posisi yang sama.

Dengan mengetahui perannya, seorang caregiver bisa membantu proses pengobatan atau penyembuhan pasien kanker menjadi lebih nyaman.

Baca Juga: Meski Pandemi, Pasien Kanker Anak Harus Tetap Jalani Pengobatan ke RS

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS