alexametrics

Ilmuwan MIT Rancang Masker Jaring Tembaga yang Bisa Bunuh Virus Corona

Angga Roni Priambodo | Shevinna Putti Anggraeni
Ilmuwan MIT Rancang Masker Jaring Tembaga yang Bisa Bunuh Virus Corona
Ilustrasi masker. (Pexels/Billy Markus)

Para ilmuwan MIT merancang masker dengan jaring tembaga yang dipanaskan untuk membunuh virus corona Covid-19 dan mensterilkan udara.

Suara.com - Masker wajah telah terbukti efektif menyaring virus corona Covid-19 sehingga mengurangi risiko infeksi. Tapi, sekarang tim peneliti dari MIT berharap untuk melangkah lebih jauh dan membuat masker yang bisa menonaktifkan virus.

Para peneliti bertujuan untuk membuat masker dengan menggabungkan jaring tembaga yang dipanaskan. Saat orang memakai masker bernapas masuk dan keluar, maka udara akan mengalir berulang kali melintasi jaring.

Lalu, partikel virus corona di udara bisa diperlambat dan dinonaktifkan oleh jaring dan suhu tinggi. Peneliti mengatakan masker semacam itu bisa bermanfaat bagi para profesional kesehatan dan anggota masyarakat dalam situasi sempit.

"Ini adalah konsep masker yang benar-benar baru karena tidak hanya memblokir virus corona Covid-19, tetapi juga bisa memperlambat serta menonaktifkannya," kata Michael Strano, Profesor Teknik Kimia Carbon P. Dubbs di MIT dikutip dari Medical Xpress.

Baca Juga: Studi Venderbilt: Pakai Masker Turunkan Kasus Rawat Inap Virus Corona

Para peneliti menjelaskan konsep barunya mengenai masker untuk menangkan virus corona ini ke ArXiv. Mereka juga telah mulai membangun prototipe dan berharap segera mengujinya.

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)
Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

Strano adalah penulis senior makalah ini dan mahasiswa pascasarjana MIT Samuel Faucher adalah penulis utamanya. Penulis lain termasuk mahasiswa pascasarjana MIT Daniel Lundberg, Xinyao Liang dan Xiaojia Jin, sarjana Rosalie Phillips, postdoc Dorsa Parviz serta Jacopo Buongiorno, Profesor Ilmu dan Teknik Nuklir TEPCO di MIT.

Strano dan Buongiorno mulai mengeksplorasi konsep untuk jenis masker wajah baru pada Maret 2020. Mereka mulai menggali laporan ilmiah yang ada tentang berbagai jenis masker dan tidak menemukan masker yang dirancang khusus untuk membunuh virus corona.

"Masker yang dipakai semua orang sekarang dirancang hanya untuk menangkap beberapa virus. Masker memang menawarkan perlindungan, tapi tidak ada masker yang berfungsi menonaktifkan virus dan mensterilkan udara," kata Strano.

Karena itu, tim penelitinya mulai merancang masker yang membunuh virus corona Covid-19 dengan panas. Mereka memutuskan untuk memakai jaring tembaga sebagai elemen pemanas dan penangkat.

Baca Juga: Terkesan Sama, ini 4 Perbedaan Penyebaran Virus Corona dan Flu

"Sebagian besar masker sekarang berfungsi sebagai penyaring untuk menangkal partikel kecil virus corona. Tapi, masker buatan kami ini mengandalkan mekanisme yang berbeda dan bekerja dengan inaktivasi termal," jelasnya.

Komentar