alexametrics

6 Tips Menurunkan Berat Badan dan Mengecilkan Perut Pascamelahirkan

Vania Rossa
6 Tips Menurunkan Berat Badan dan Mengecilkan Perut Pascamelahirkan
Ilustrasi perut buncit pascamelahirkan. (Shutterstock)

Hindari diet ekstrim yang bisa berbahaya, lakukan cara aman berikut!

Suara.com - Sudah melahirkan tapi perut masih besar dan berat badan belum kembali ke angka normal? Masalah seperti ini pasti kerap dialami para ibu yang baru melahirkan. Bikin pusing, karena baju-baju sebelum hamil tak lagi bisa dipakai karena kekecilan. Masa sih, pakai baju hamil lagi?

Lalu, adakah solusinya? Yang pasti, hindari melakukan diet ekstrim, ya, karena bisa memengaruhi kesehatan Anda. Untuk cara yang aman, yuk simak tips dari The Asiant Parent di bawah ini cara untuk bisa mengecilkan perut pasca melahirkan.

1. Menjalankan Pola Makan Sehat
Usahakan untuk mulai mengonsumsi makanan dengan lemak yang rendah, seperti biji-bijian atau kacang-kacangan. Jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Jika ingin mengonsumsi susu, pilih susu rendah lemak. Selain itu, hindari makanan camilan yang berminyak, minuman bersoda, atau makanan ringan seperti keripik.

Hindari juga berbagai minuman kemasan serba manis yang tersedia di berbagai minimarket di dekat rumah. Minuman manis dalam kemasan memiliki kalori tinggi dan membawa sejumlah dampak buruk bagi kesehatan.

Baca Juga: Ahli Gizi: Ibu Menyusui Boleh Diet 3 Bulan Pascamelahirkan

2. Menyediakan Camilan yang Sehat
Camilan memang menjadi godaan yang sangat berat. Apalagi, di masa menyusui Anda akan merasa lebih sering lapar. Nah, supaya masih bisa tetap ngemil, ganti camilan tak sehat seperti keripik dengan camilan yang lebih sehat. Anda bisa sediakan di rumah berbagai makanan sehat seperti roti gandum, buah-buahan, sereal gandum, dan sayuran untuk dibikin salad.

Selain itu, Anda juga bisa menyediakan yogurt di rumah untuk memenuhi keinginan minum minuman manis. Yogurt mengandung kalsium yang sangat baik untuk tubuh dan dapat membantu penurunan berat badan.

3. Menyusui
Menyusui bisa membantu menurunkan berat badan. Itu karena setiap kali Anda menyusui, tubuh bisa membakar sekitar 500-700 kalori per hari. Luar biasa, kan?

Itu sebabnya, selama menyusui, Anda tidak perlu mengurangi asupan kalori harian. Anda cukup mengganti makanan tidak sehat dengan makanan yang lebih kaya nutrisi agar kualitas ASI juga semakin baik.

4. Berolahraga
Berolahraga pascamelahirkan memang jadi dilema. Kondisi tubuh yang masih terasa sangat lelah, ditambah dengan pola tidur bayi yang masih belum teratur, membuat olahraga menjadi aktivitas yang tidak bisa diprioritaskan.

Baca Juga: Jahilnya Warganet +62, Tebak-Tebakan Kondisi Gigi Hadid Pascamelahirkan

Akan tetapi, ketika tubuh sudah mulai siap, sebaiknya segera lakukan olahraga karena bisa membuat tubuh Anda lebih segar dan bugar. Meskipun berat, lakukan olahraga secara perlahan dengan melakukan olahraga ringan, seperti latihan dasar untuk panggul dan otot perut.

Komentar