alexametrics

Manfaat Ikan Salmon Bagi Tubuh, Salah Satunya Bikin Awet Muda

Vania Rossa
Manfaat Ikan Salmon Bagi Tubuh, Salah Satunya Bikin Awet Muda
Ilustrasi salmon fillet panggang. (Shutterstock)

Yuk, mulai masukkan ikan salmon ke dalam menu harianmu!

Suara.com - Ikan salmon dikenal sebagai salah satu makanan sehat yang baik bagi otak, karena memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi. Itu sebabnya, ikan salmon sangat baik dikonsumsi anak-anak untuk membantu meningkatkan kecerdasannya. Namun manfaat ikan salmon tak hanya untuk kecerdasan saja. Ada begitu banyak manfaat lain yang bisa didapat dengan mengonsumsi ikan salmon. Ini dia, seperti dilansir dari Food NDTV.

1. Menurunkan tekanan darah
Kandungan asam lemak omega-3 EPA dan DHA pada ikan salmon, yang dikombinasikan dengan kandungan selenium yang melimpah, membuatnya mampu membantu menurunkan darah serta mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Sumber asam lemak esensial
Seperti telah disebutkan di atas, ikan salmon mengandung asam lemak esensial yang menyehatkan dan dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu manfaat asam lemak esensial ini adalah memberi energi dan membantu membakar lemak yang berlebih.

3. Membantu menurunkan berat badan
Ikan salmon memiliki lebih sedikit lemak jenuh dibandingkan daging merah, serta mengandung sejumlah protein yang besar. Proporsi ini membuat ikan salmon sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Praktis dan Sehat, Ini Resep Steak Salmon Saus Teriyaki

4. Sumber vitamin dan mineral
Ikan salmon kaya dengan vitamin A, D, E, dan K yang bermanfaat bagi sendi tulang, mata, otak, otot, serta mengatur keseimbangan metabolisme.

5. Meningkatkan daya ingat
Ikan salmon disebut-sebut sebagai makanan yang baik bagi otak. Kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya dapat membantu mempertajam otak dan meningkatkan memori seseorang. Ikan salmon juga juga membantu mengurangi risiko demensia dan hilangnya fungsi mental.

6. Bersifat antiinflamasi
Ikan salmon memiliki manfaat antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan atau rasa sakit berkat kandungan asam lemak omega 6 yang pro-inflamasi.

7. Menjaga kesehatan kulit
Kandungan asam lemak esensial pada ikan salmon juga memberi manfaat pada kesehatan kulit, yaitu membantu menahan kandungan air pada kulit sehingga menjaga kulit tetap halus, kenyal, dan tampak awet muda.

8. Menjaga suhu tubuh tetap hangat
Ikan salmon merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi saat musim dingin. Hal ini karena kandungan padat energi pada salmon yang dapat menjaga tubuh tetap hangat.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Kandungan Ikan Salmon Juga Bermanfaat Bagi Kulit

9. Kesehatan tulang
Kandungan asam lemak esensial dan mineral yang terdapat pada salmon, membantu memberikan pelumas pada persendian. Oleh karena itu, salmon sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tulang dan fleksibilitas. (Fajar Ramadhan)

Komentar