facebook

Semua Manusia Memiliki Sel Kanker dalam Tubuhnya, Kapan Menjadi Berbahaya?

Risna Halidi | Lilis Varwati
Semua Manusia Memiliki Sel Kanker dalam Tubuhnya, Kapan Menjadi Berbahaya?
Ilustrasi sel kanker. [Shutterstock]

Namun tanpa disadari semua orang, ternyata tubuh manusia juga terdiri dari sel kanker.

Suara.com - Kanker termasuk salah satu jenis penyakit yang paling mengerikan karena bisa sangat mematikan. Namun tanpa disadari semua orang, ternyata tubuh manusia juga terdiri dari sel kanker.

Dikatakan Dokter spesialis penyakit dalam Dr. dr. Ikhwan Rinaldi, Sp.PD-KHOM, M.Epid, setiap organ tubuh manusia terdiri dari kumpulan sel, termasuk sel kanker. 

"Jadi organ itu sebenarnya sel yang berkelompok. Kemudian ada jaringan yang menunjang agar sel tidak goyah. Sel-sel ini ya normalnya seperti itu, bisa mati digantikan yang lain jadi punya umur," jelas Ikhwan dalam webinar virtual, Selasa (26/1/2021).

Tetapi akibat pola hidup tidak sehat atau paparan infeksi virus dan bakteri, sel kanker bisa berubah dan menjadi jahat untuk tubuh. 

Baca Juga: Hanya dari Urine, Dokter Bisa Mendiagnosis Kanker Prostat pada Pria

"Semua organ berpotensi jadi kanker tergantung lemahnya di mana, paparannya apa, titik lemahnya di mana dia bisa berubah. Tapi tidak juga semua organ bisa kanker dalam satu waktu," tambahnya.

Sel kanker yang terinfeksi virus atau bakteri, atau juga disebabkan pola hidup tidak sehat berpotensi bertumbuh. Jika didiamkan dalam waktu lama, bisa menyebar hingga sel pada organ lain.

Dokter Ikhwan menyampaikan bahwa sel kanker itu akan berubah menyerang tubuh dan bisa berpindah ke organ lain meski usianya tua. Tetapi untuk bisa tetap bertumbuh, sel kanker juga membutuhkan makanan dari darah. 

"Butuh sirkulasi dari darah. Kalau gak dapat aliran darah maka bisa mati. Maka dia berusaha menumbuhkan pembuluh darah sendiri. Jadi pada sel kanker umumnya banyak reseptor untuk pertumbuhan kanker," paparnya.

Kondisi itu yang menyebabkan terjadinya kanker dan terbentuk pembuluh darah baru sehingga kanker mampu untuk tumbuh juga mendapatkan makanan dari tubuh.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, Nikotin Disebut Bisa Pengaruhi Risiko Kanker Payudara

Dokter Ikhwan menjelaskan, sel kanker akan memakan apa pun yang makanan dikonsumsi oleh pengidap kanker.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar