alexametrics

Zaskia Sungkar Sempat Alami Diare, Ini Bahayanya Pada Ibu Hamil!

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Zaskia Sungkar Sempat Alami Diare, Ini Bahayanya Pada Ibu Hamil!
Zaskia Sungkar pamer perut hamil. [Instagram]

Zaskia Sungkar sempat dilarikan ke rumah sakit karena diare yang membuatnya BAB 20 kali.

Suara.com - Beberapa waktu lalu, Zaskia Sungkar yang sehat hamil anak pertama sempat dilarikan ke rumah sakit karena diare. Karena diare, istri Irwansyah itu buang air besar lebih dari 20 kali sehingga harus rawat inap di rumah sakit selama 3 hari.

Zaskia Sungkar mengaku alami diare karena kalap makan pedas, sehingga wajahnya pucat karena sering bolak-balik buang air besar.

"Saking hebohnya makan. Kayaknya sih karena sambel matah. Ya kan mentah, biasanya nggak apa-apa sih. Mungkin nggak bersih. Tapi nggak tau juga," kata Zaskia Sungkar melalui kanal Youtube The Sungkars Family.

Umumnya, diare bukan penyakit yang berbahaya karena bisa segera membaik dengan perawatan tepat. Penyakit ini pun bisa dialami semua orang, tak terkecuali ibu hamil.

Baca Juga: Mungkinkah Virus Corona Menular dari Kemasan Makanan? Berikut Kata Pakar

Diare pada ibu hamil biasanya disebabkan oleh perubahan hormon dan pola makan. Tapi, Anda tidak boleh mengabaikan kondisi ini karena bisa disebabkan oleh infeksi atau masalah kesehatan lainnya.

Irwansyah dan Zaskia Sungkar. [Instagram]
Irwansyah dan Zaskia Sungkar. [Instagram]

Sebab dilansir dari Hellosehat, pemulihan diare yang disebabkan oleh infeksi dan masalah kesehatan lain biasanya berlangsung lebih lama. Sehingga, konsultasikan kondisi Anda ke dokter bila diare atau sering BAB tidak kunjung sembuh saat hamil.

Pada ibu hamil, dokter pasti akan membantu mencegah terjadinya bahaya diare, seperti dehidrasi. Karena, dehidrasi pada ibu hamil salah satu bahaya diare yang bisa memicu kontraksi dini sehingga membuat rahim mengencang dalam 1 atau 2 menit.

Tapi, kontraksi yang dialami ibu hamil ini bukan tanda-tanda melahirkan. Dehidrasi akibat diare yang dialami ibu hamil biasanya menimbulkan gejala haus terus-menerus, bibir dan kulit mengering, mata cekung, detak jantung lebih cepat, tekanan darah rendah dan warna urine sedikit gelap.

Diare pada ibu hamil yang diabaikan tanpa perawatan juga bisa menimbulkan bahaya serius. Kondisi ini bisa membuat volume air ketuban berkurang akibat keluarnya cairan saat ibu sering BAB.

Baca Juga: Gawat! Varian Baru Virus Corona Telah Menyebar di 13 Negara, Indonesia?

Diare pada ibu hamil juga bisa mengganggu perkembangan janin, ukuran tubuh bayi kecil saat lahir dan meningkatkan risiko keguguran.

Komentar