alexametrics

Wanita 23 Tahun Terima 6 Dosis Vaksin Covid Sekaligus, Imbasnya Mengagetkan

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Wanita 23 Tahun Terima 6 Dosis Vaksin Covid Sekaligus, Imbasnya Mengagetkan
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Elements Envato)

Seorang perawat tanpa sengaja menyuntikkan satu botol vaksin Covid-19 yang berisi enam dosis.

Suara.com - Seorang wanita usia 23 tahun secara tidak sengaja menerima enam dosis vaksin Covid-19 Pfizer sekaligus. Kecelakaan ini terjadi pada Minggu (9/5/2021) kemarin di Rumah Sakit Noa di Tuscany, Italia.

Perawat yang memberikan vaksin secara keliru menyuntik wanita tersebut dengan seluruh botol vaksin Pfizer, yang berisi enam dosis. Meski demikian, ia tidak mengalami efek samping serius akibat overdosis vaksin.

Berdasarkan laporan Live Science, kesalahan terjadi karena perawat mengira botol yang dia gunakan sudah menjalani langkah pengenceran yang diperlukan.

Jadi, sebelum vaksin digunakan, masing-masing dari enam dosis diambil dari botol aslinya dan dimasukkan ke dalam botol baru, di mana dosisnya sudah diencerkan.

Baca Juga: Ibu Muda Tewas Overdosis Ekstasi, Oknum Polisi Ini Jadi Tersangka

"Dia mengira pengenceran telah dilakukan. Keduanya adalah cairan transparan dengan kepadatan yang sama. Sayangnya, ini dapat menyebabkan kesalahan," kata Tommaso Bellandi, direktur keamanan pasien untuk otoritas kesehatan Tuscany barat laut.

Ilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash/@hakannural)
Ilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash/@hakannural)

Untungnya, sang perawatan langsung menyadari kesalahannya dan mengawasi pasien selama 24 jam di rumah sakit. Pasien diberi cairan dan obat penurun demam sebagai tindakan pencegahan.

Satu-satunya efek samping yang dialami sang wanita adalah rasa nyeri di tempat suntikan. Ia dipulangkan keesokan harinya.

Rumah sakit telah melakukan penyelidikan untuk kasus tersebut. Sebelumnya, overdosis vaksin juga dialami pria berusia 91 tahun asal Ohio yang mengalami syok setelah menerima dua dosis vaksin Covid-19 dalam satu hari.

Baca Juga: Kasus Kematian akibat Overdosis Obat Terlarang Melonjak selama Pandemi

Komentar