alexametrics

3 Penyakit Penyebab Umum Kematian Global, Ayo Ubah Gaya Hidup Lebih Sehat

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
3 Penyakit Penyebab Umum Kematian Global, Ayo Ubah Gaya Hidup Lebih Sehat
Ilustrasi pasien penyakit jantung, kanker, demensia (Unsplash)

Ada 3 penyakit serius yang menjadi penyebab umum kematian di seluruh dunia.

Suara.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan ada 3 penyebab utama kematian yang bisa dicegah, yakni penyakit jantung, demensia dan kanker. Ketiga penyakit serius ini bisa mempersingkat peluang bertahan hidup seseorang hingga 14 tahun.

Faktor risiko yang mendasari masalah kesehatan ini pun bervariasi, tetapi semuanya berkaitan erat dengan faktor gaya hidup. Mengubah gaya hidup akan membantu mengoptimalkan rentang kesehatan Anda dalam jangka waktu lama sekaligus menambah peluang hidup selama 14 tahun.

Anda mungkin pernah terheran-heran dengan orang yang mampu bertahan hidup selama 100 tahun. Dr Paddy Barrett, ahli jantung pencegahan di Blackrock Clinic, mengatakan orang yang mampu bertahan hidup selama 100 tahun ini biasanya juga meninggal karena penyakit jantung, kanker atau demensia.

"Tapi, mereka biasanya menderita semua penyakit serius itu lebih lambat dari orang lain. Karena itu, kita harus fokus pada faktor risikonya," kata Dr Paddy Barret dikutip dari Express.

Baca Juga: Studi Ini Sebut Bayi yang Lahir Selama Pandemi Virus Corona Punya IQ Rendah, Kok Bisa?

Penyakit serius tidak menular ini adalah kondisi yang tidak bisa ditularkan dari satu orang ke orang lain, seperti stroke, penyakit jantung, diabetes dan demensia. Risiko penyakit serius ini akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia dan kondisi ini menyumbang sekitar 70 persen dari semua penyebab kematian.

Ilustrasi tekanan darah tinggi [pixabay]
Ilustrasi tekanan darah tinggi [pixabay]

Dalam hal ini, penyakit jantung adalah penyebab utama kematian secara global. Sekitar 17,9 juta orang atau sekitar 32 persen orang di seluruh dunia meninggal dunia karena penyakit jantung setiap tahunnya.

Menurut WHO, kanker adalah penyebab utama kematian kedua yang telah menyebabkan sekitar 9,6 juta kasus kematian di seluruh dunia pada tahun 2018.

Di sisi lain, ada pula demensia yang sangat mempengaruhi memori dan kemampuan kognitif lainnya yang mengganggu kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas harian secara signifikan.

Sedangkan, kedua masalah kesehatan itu terkait erat dengan rentang hidup yang lebih pendek. Tapi, faktor risiko yang mendasari setiap penyakit tak menular itu bisa dicegah dengan mengubah gaya hidup.

Baca Juga: Waspada! Virus Corona Varian Lambda 'Kebal' Terhadap Vaksin

Dr Barrett mengatakan bahwa tekanan darah tinggi, merokok, gula darah tinggi, kolesterol tinggi, dan obesitas cenderung memberikan dampak besar pada ketiga penyakit tak menular tersebut. Anda bisa mencegah penyakit jantung, kanker atau demensia dengan menghindari semua faktor risikonya.

Komentar