alexametrics

Studi: Teh Hijau Dianggap Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Vania Rossa | Aflaha Rizal Bahtiar
Studi: Teh Hijau Dianggap Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan
Ilustrasi teh hijau. (Pixabay/apple deng)

Teh hijau terbukti dapat mengurangi risiko obesitas serta mengurangi jumlah biomarker infalamasi.

Suara.com - Minuman teh kini telah banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia, termasuk teh hijau yang dianggap mampu memberi banyak manfaat kesehatan, salah satunya membantu menurunkan berat badan.

Hal ini telah diungkap oleh studi pada Maret 2019, yang dilakukan oleh Ohio State University, di mana teh hijau terbukti dapat mengurangi risiko obesitas serta mengurangi jumlah biomarker infalamasi.

Dalam studi yang hasilnya telah diterbitkan di Science Daily ini, selama delapan minggu para peneliti mulai melakukan uji coba lewat tikus yang dibagi menjadi dua kelompok. Setengah dari tikus yang diuji coba ini mulai mengonsumsi makanan tinggi lemak yang dirancang untuk menyebabkan obesitas, sedangkan setengahnya diberi makanan biasa.

Dari dua kelompok itu, setengah hewan tikus diberi ekstrak teh hijau yang telah dicampur lewat makanan. Hasilnya ditemukan bahwa tikus yang diberi makanan tinggi lemak dan dilengkapi ekstrak teh hijau akan menurunkan berat badan sebanyak 20 persen, dengan memiliki resistensi insulin lebih rendah dibandingkan tikus yang diberi makan diet yang sama tanpa teh hijau.

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Es Krim Bagi Tubuh, Bisa Menurunkan Berat Badan Lho!

Mengutip Times Of India, tikus-tikus ini disebut memiliki lebih sedikit peradangan lemak dan juga usus. Dari ekstrak ini, teh hijau dikatakan mampu melindungi pergerakan endotoksin dan komponen bakteri beracun, di mana racun ini keluar dari usus lewat aliran darah tikus.

Selain itu, sebuah penelitian pada manusia juga sedang dilakukan untuk mengeksplorasi efek teh hijau pada usus bocor dengan sindrom metabolik, di mana sindrom ini berisiko pada diabetes tipe 2 dan juga penyakit jantung.

Karena manfaat teh hijau yang disebut baik untuk kesehatan, para ahli dari Universitas Ohio menyarankan untuk tidak mengonsumsi teh hijau layaknya minum air putih. Sebab sesuai uji penelitian yang dilakukan pada tikus, ada baiknya konsumsi teh hijau bersamaan dengan makanan.

Komentar