alexametrics

Tanaman Obat, Ini 7 Manfaat Daun Ketumbar

Vania Rossa | Aflaha Rizal Bahtiar
Tanaman Obat, Ini 7 Manfaat Daun Ketumbar
Manfaat tanaman ketumbar (Pixabay/ilustratedcottage)

Salah satunya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Suara.com - Daun ketumbar sering dijadikan sebagai campuran dalam sayur sop dan berbagai masakan India. Tapi, daun ketumbar tidak hanya menjadi pelengkap atau bumbu, melainkan juga menawarkan manfaat kesehatan.

Pohon ketumbar kerap digolongkan ke dalam tanaman obat lantaran khasiat yang dimilikinya untuk kesehatan. Salah satunya adalah bagian daun. Biasa disebut sebagai Dhaniya, daun ketumbar memiliki kandungan mineral seperti fosfor, kalsium, magnesium, kalium, natrium, serta vitamin A, B, C dan K yang baik untuk kesehatan.

Berikut tujuh manfaat daun ketumbar, seperti yang dilansir dari Healthshots.

1. Membantu mengontrol gula darah
Jika Anda berisiko terkena diabetes, daun ketumbar bisa menjadi cara untuk mengontrol kadar gula darah. Diungkap oleh Ahli Nutrisi dari Rumah Sakit Apollo, Nehru Enclave New Delhi, dr. Divya Dhawan, “Berbagai penelitian telah mengkonfirmasi bahwa daun ketumbar mengandung enzim aktif yang dapat membantu mengelola kadar glukosa dalam darah."

Baca Juga: Bangga, Indonesia Punya Lebih 32.000 Ramuan Obat Tradisional yang Diakui Khasiatnya

2. Melancarkan proses pencernaan
Daun ketumbar kaya akan serat dan antioksidan, sehingga bermanfaat dalam meningkatkan pencernaan, metabolisme, dan membantu mengatasi kembung dan sembelit.

3. Membantu mengelola stres
Daun ini tidak hanya menawarkan manfaat untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga baik untuk mengelola stres Anda. Dikatakan dr. Divya, daun ketumbar dapat meningkatkan mood serta menjaga sistem pencernaan tetap bersih, sehat, dan mengurangi stres oksidatif.

4. Meningkatkan kesehatan jantung
Daun ketumbar, menurut dr. Divya, dianggap sebagai diuretik yang dapat mengeluarkan natrium ekstra dari dalam tubuh untuk menurunkan tekanan darah.

Selain itu, daun yang kaya antioksidan dan serat ini, mampu mengurangi risiko penyakit jantung, serta menjaga kadar kolesterol Anda.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Daun ketumbar merupakan sumber antioksidan seperti terpinene, quercetin, dan tokoferol yang dapat melawan kerusakan sel dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Baca Juga: Berkhasiat tapi Juga Ada Efek Samping, Yuk Cari Tahu Tentang Qusthul Hindi dalam Islam

Menurut penelitian, antioksidan ini dapat mengurangi peradangan, serta memiliki efek anti kanker dan neuroprotektif.

Komentar