alexametrics

Moderna Klaim Vaksin Covid-19 Aman untuk Anak, Bahkan Hasilkan Antibodi Lebih Tinggi

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Moderna Klaim Vaksin Covid-19 Aman untuk Anak, Bahkan Hasilkan Antibodi Lebih Tinggi
Petugas medis Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) memperlihatkan vaksin Moderna untuk tenaga kesehatan di Banda Aceh, Aceh, Senin (9/8/2021). . ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Hal ini diumumkan langsung oleh pihak perusahaan pada Senin, 25 Oktober 2021 kemarin.

Suara.com - Vaksin Moderna diklaim aman dan efektif untuk anak usia 6 hingga 12 tahun, dan hasilkan antibodi lebih tinggi dari orang dewasa.

Hal ini diumumkan langsung oleh pihak perusahaan pada Senin, 25 Oktober 2021 kemarin.

Mengutip Live Science, Selasa (26/10/2021) klaim ini disampaikan perusahaan bersama dengan pengumuman hasil uji klinis efektivitas dan keamanan vaksin yang dilakukan terhadap 5.700 anak berusia 6 bulan hingga 12 tahun.

Dari total peserta anak itu, 4.700 di antaranya adalah anak yang berusia 6 hingga 12 tahun diberikan vaksinasi lengkap dua dosis, dengan jarak 28 hari antardosis.

Baca Juga: Wanita Alami Ulkus Vagina Usai Suntik Vaksin Covid-19, Ini Kata Dokter!

Namun berbeda dengan orang dewasa, dosis yang diberikan kepada anak ini adalah setengah dari dosis orang dewasa, yakni 0,5 mL dengan masing-masing dosis 0,25 mL. Sedangkan dosis pada orang dewasa yakni 1 mL, dengan masing-masing dosis 0,5 mL.

Peneliti mendapatkan hasil bahwa vaksin mampu ditoleransi dengan baik, dan efek sampingnya serupa dengan apa yang dialami remaja dan dewasa yang diberikan vaksin serupa.

Adapun sebagian besar efek samping yang paling umum dirasakan adalah kelelahan, sakit kepala, demam, dan nyeri di tempat suntikan.

Peneliti juga menemukan bahwa vaksin Moderna untuk anak ini memicu respon imun yang cukup kuat, satu bulan usai dosis kedua diberikan.

Bahkan anak-anak memiliki tingkat antibodi 1,5 kali lebih tinggi, dibanding antibodi yang didapatkan dewasa muda usai dosis kedua diberikan.

Baca Juga: Suntik Vaksin Covid-19, Wanita Ini Lumpuh karena Efek Samping Langka!

Sebelumnya Moderna telah mengirimkan data ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) AS, yakni FDA untuk mendapatkan izin penggunaan darurat atau EUA vaksin Moderna untuk anak berusia 12 hingga 17 tahun, namun belum mendapatkan tanggapan.

Komentar