alexametrics

Menopause Bisa Picu Perubahan Hubungan Seks, Ketahui Cara Mengatasinya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Menopause Bisa Picu Perubahan Hubungan Seks, Ketahui Cara Mengatasinya!
hubungan seks, menopause. (Elements Envanto)

Perubahan dalam berhubungan seks bisa menjadi tanda menopause pada wanita.

Suara.com - Menopause adalah proses alami tubuh yang terjadi seiring bertambahnya usia. Umumnya, menopause terjadi ketika wanita menginjak usia 45 hingga 55 tahun.

Selama periode waktu tersebut, kadar estrogen wanita akan mulai menurun yang mempengaruhi tubuh. Salah satu dampak penurunan kadar estrogen akibat menopause adalah tingkat libido Anda.

Tingkat libido yang rendah bisa menjadi gejala menopause karena kadar estrogen juga dikenal sebagai hormon stres. Penurunan kadar estrogen bisa mempengaruhi gairah yang menyebabkan menurunnya pelumasan vagina.

Kondisi ini bisa menyebabkan kekeringan pada vagina, yang membuat hubungan seks tidak nyaman. Tingkat estrogen yang lebih rendah juga bisa menipiskan dinding vagina yang mengakibatkan atrofi vagina.

Baca Juga: Ahli Selidiki Varian Virus Corona Covid-19 AY.4.2, Berbahayakah?

Atrofi vagina tidak hanya menggambarkan penipisan dinding vagina, tetapi juga pengeringan dan peradangan. Semua perubahan ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat berhubungan seks.

Ilustrasi hubungan seks (Shutterstock)
Ilustrasi hubungan seks (Shutterstock)

Masalah ini bisa mempengaruhi wanita menopause dan pascamenopause. Berikut ini dilansir dari Express, beberapa hal yang bisa Anda coba untuk membuat hubungan seks lebih nyaman dan mengembalikan libido Anda.

1. Menggunakan pelumas

Jika Anda merasa tidak nyaman atau sakit ketika berhubungan seks, Anda bisa menggunakan pelumas. Pelumas bisa membantu mengatasi kekeringan pada vagina sehingga membuat hubungan seks menjadi lebih nyaman.

Anda bisa menggunakan pelumas ketika berhubungan seks untuk mengurangi rasa sakit. Jika pelumas ini bukan pilihan yang tepat, Anda juga bisa menggunakan pelembap vagina dan krim estrogen.

Baca Juga: Peneliti: Kehilangan Ingatan Bisa Jadi Efek Samping Virus Corona Covid-19

2. Latihan kegel

Latihan kegel bertujuan untuk memperkuat otot dasar panggul Anda. Latihan-latihan ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di vagina Anda, yang dapat membantu meningkatkan libido Anda.

Bahkan, latihan kegel bisa membantu meningkatkan kemampuan Anda untuk mencapai orgasme. Anda bisa melakukan dengan cara kontraksi otot dasar panggul dan tahan kontraksi selama 5 detik, lalu dilepaskan perlahan.

Komentar