alexametrics

Panjang Kaki Anak Ayu Ting Ting Berbeda, Begini Cara Mengatasinya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Panjang Kaki Anak Ayu Ting Ting Berbeda, Begini Cara Mengatasinya!
Potret Bilqis Anak Ayu Ting Ting. [Instagram/ayutingting92]

Ayu Ting Ting terkejut ketika pertama kali menyadari panjang kaki anaknya, Bilqis berbeda.

Suara.com - Ayu Ting Ting terkejut ketika pertama kali mengenai panjang kaki anaknya, Bilqis, tidak sama. Ia baru menyadari perbedaan panjang kaki anaknya ketika Bilqis minta pijat kretek oleh Bima Aryo.

Saat itu, Bima Aryo meminta Bilqis berbaring untuk melihat panjang kakinya. Rupanya, panjang kedua kaki Bilqis cukup berbeda jauh hingga membuat Bima Aryo terkejut.

Kaki panjang sebelah ini juga dikenal sebagai perbedaan panjang kaki (LLD). Kondisi ini relatif umum, yang biasanya perbedaan panjang kaki sekitar sepersekian inci hingga beberapa inci.

Semakin besar perbedaannya dilansir dari Medical News Today, semakin besar kemungkinan orang tersebut akan mengalami masalah dengan gaya berjalan, postur, dan rasa sakit.

Baca Juga: Ahli Selidiki Varian Virus Corona Covid-19 AY.4.2, Berbahayakah?

Perbedaan panjang kaki pun terbagi menjadi dua jenis, yakni perbedaan panjang kaki fungsional dan struktural. Setiap jenis perbedaan panjang kaki (LLD) ini membutuhkan pengobatan yang berbeda pula.

Kondisi kaki Bilqis (YouTube.com)
Kondisi kaki Bilqis (YouTube.com)

1. Cara mengatasi panjang kaki sebelah jenis fungsional

Perawatan medis untuk mengatasi panjang kaki sebelah jenis fungsional biasanya melibatkan terapi fisik, pijat, dan latihan khusus untuk memperbaiki area yang mengalami ketidakseimbangan dan kelemahan. Anda juga perlu memperbaiki postur tubuh yang buruk.

Jenis perawatan medis dan jumlah Intervensi yang dibutuhkan seseorang tergantung pada penyebab yang mendasari dan tingkat keparahan panjang kaki sebelah (LLD).

Dalam hal ini, latihan fisik atau olahraga bisa membantu mengatasi masalah panjang kaki sebelah jenis fungsional (LLD). Tapi, penting bagi orang untuk menggunakan teknik Peregangan dan kekuatan. Mereka juga harus berhari-hati untuk melatih sisi tubuh yang akan membantu memperbaiki LLD.

Baca Juga: Pria Ini Terinfeksi Virus Corona Dua Hari Sebelum Vaksin Covid-19, Kini Sudah Meninggal

Anda bisa mencari bantuan ahli terapi fisik untuk menghindari masalah lain akibat panjang kaki sebelah lebih lanjut. Terapis bisa mengidentifikasi area ketidakseimbangan dan merekomendasikan olahraga yang tepat bagi orang dengan panjang kaki sebelah.

2. Cara mengatasi panjang kaki sebelah jenis struktural

Masalah kaki panjang sebelah jenis struktural akan membutuhkan perawatan yang lebih tergantung pada perbedaan panjang antar kaki, antara lain:

a. Lift sepatu

Seseorang yang memiliki kondisi kaki panjang sebelah atau LLD ringan kurang dari 1 inci bisa menggunakan lift sepatu atau penopang kaki di dalam sepatu untuk kaki yang panjangnya lebih pendek. Penggunaan lift sepatu ini bisa meringankan sakit punggung dan meningkatkan gaya berjalan seseorang.

b. Operasi

Operasi pembedahan mungkin diperlukan untuk mengobati kaki yang memiliki panjang sebelah signifikan atau LLD. Tindakan operasi pembedahan untuk LLD ini bertujuan untuk memperpendek kaki yang lebih panjang, memanjangkan kaki yang lebih pendek dan menghambat pertumbuhan kaki yang lebih panjang.

Komentar