alexametrics

Ahli: Suntikan Booster Vaksin Covid-19 Beri Pelindungan 5 Kali Lebih Tinggi

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Ahli: Suntikan Booster Vaksin Covid-19 Beri Pelindungan 5 Kali Lebih Tinggi
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (pixabay)

Suntikan booster vaksin Covid-19 bisa beri perlindungan yang lebih tinggi dari suntikan kedua.

Suara.com - Studi baru mengungkapkan bahwa suntikan booster vaksin Covid-19 bisa memberikan perlindungan 5 kali lipat lebih banyak daripada suntikan vaksin Covid-19 kedua.

Para ahli juga berpikir bahwa perlindungan dari suntikan booster vaksin Covid-19 pun bisa bertahan lebih lama daripada suntikan vaksin Covid-19 dua dosis sebelumnya.

Para ahli telah melihatnya pada 33 orang dewasa paruh baya dalam kondisi sehat sebelum dan setelah mendapatkan suntikan booster vaksin Covid-19.

Rata-rata, mereka mendapatkan suntikan kedua vaksin Covid-19 sekitar 9 bulan sebelumnya. Tingkat antibodi mereka sudah menurun hampir 10 kali lipat sebelum mendapatkan suntikan booster vaksin Covid-19.

Baca Juga: Peneliti: Mengunyah Permen Karet Bisa Cegah Penularan Virus Corona Covid-19

Tetapi, tingkat antibodi mereka kembali naik 25 kali lipat dan 5 kali lebih tinggi dibandingkan dosis kedua setelah mendapatkan suntikan booster vaksin Covid-19.

Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Pixabay)
Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Pixabay)

Karena itu, para ahli sangat mendukung pemberian suntikan booster vaksin Covid-19 untuk semua orang. Meskipun, sekarang ini masih memprioritaskan kelompok orang yang rentan terinfeksi virus corona.

"Suntik vaksin Covid-19 booster adalah cara terbaik untuk melindungi diri sendiri dan orang di sekitar selama musim dingin ini, sehingga bisa menekan angka kasus infeksi virus corona," kata Sajid Javid, Sekretaris Kesehatan dan Perawatan Sosial Inggris dikutip dari The Sun.

Sebelum ini, Badan Kemanan Kesehatan Inggris juga sudah menunjukkan pentingnya suntikan booster vaksin Covid-19. Penelitian menemukan suntikan booster ini memberikan perlindungan hingga lebih dari 90 persen terhadap gejala virus corona pada orang dewasa usia 50 tahun ke atas.

Selain itu, suntikan booster juga memiliki perlindungan terhadap infeksi simtomatik pada orang dewasa usia 50 tahun ke atas adalah 93,1 persen pada mereka yang mendapatkan vaksin AstraZeneca dan 94 persen vaksin Pfizer.

Baca Juga: Dokter Temukan Gejala Aneh Virus Corona Covid-19 pada Pasien Kanker

Komentar