Studi Baru: Kekurangan Vitamin D Dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Cesar Uji Tawakal, Rosiana Chozanah

Senin, 07 Februari 2022 | 10:34 WIB
Studi Baru: Kekurangan Vitamin D Dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Kardiovaskular
Ilustrasi penyakit jantung (Shutterstock)

Suara.com - Vitamin D merupakan salah satu dari beberapa kebutuhan nutrisi agar tubuh sehat. Selain paparan sinar matahari, vitamin ini juga dapat diperoleh melalui makanan, seperti daging merah, hati, kuning telur, dan ikan berminyak.

Berdasarkan Inverse, vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium oleh tubuh. Nutrisi ini juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat melindungi sel.

Selain itu, ternyata vitamin D juga berkaitan dengan kesehatan kardiovaskular atau jantung. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi yang terbit di European Heart Journal.

Dalam studi ini, peneliti menggunakan sampel darah, informasi genetik, dan riwayat kesehatan 295.788 orang untuk mengungkap hubungan antara rendahnya vitamin D dan risiko penyakit kardiovaskular.

Meskipun peran pastinya dalam kesehatan kardiovaskular tidak diketahui, jantung tampaknya membutuhkan vitamin D.

Ilustrasi vitamin D (Shutterstock)

“Kami telah lama mengetahui bahwa berbagai bagian dalam sistem kardiovaskular mengekspresikan reseptor untuk hormon vitamin D, serta enzim yang diperlukan untuk metabolisme vitamin D," jelas profesor epidemiologi nutrisi dan genetik, Hyppönen, di University of South Australia.

Menggunakan metode pengacakan Mendel, peneliti kemudian mengelompokkan semua peserta dalam profil genetik yang sama.

Hal itu memungkinkan peneliti untuk mengisolasi kadar vitamin D sebagai satu-satunya faktor yang berdampak pada tingkat penyakit kardiovaskular.

Hasilnya ditemukan bahwa kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Beban penyakit ini dapat dikurangi dengan meningkatkan asupan vitamin D yang rendah di masyarakat

baca juga

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Berita Hits Kesehatan: Vitamin D Cegah Penyakit Autoimun, Kata Menteri Kesehatan Soal PTM 100 Persen

Berita Hits Kesehatan: Vitamin D Cegah Penyakit Autoimun, Kata Menteri Kesehatan Soal PTM 100 Persen

Health | Jum'at, 28 Januari 2022 | 20:55 WIB

Tidak Hanya Meningkatkan Sistem Kekebalan, Vitamin D Dapat Mencegah Penyakit Autoimun

Tidak Hanya Meningkatkan Sistem Kekebalan, Vitamin D Dapat Mencegah Penyakit Autoimun

Health | Jum'at, 28 Januari 2022 | 14:31 WIB

Benarkah Suplemen Vitamin D Mampu Turunkan Risiko Autoimun? Ini Faktanya

Benarkah Suplemen Vitamin D Mampu Turunkan Risiko Autoimun? Ini Faktanya

Health | Kamis, 27 Januari 2022 | 15:30 WIB

Terkini

Iran Tolak Buka Selat Hormuz Meski Diancam AS, Harga Minyak Naik Tipis

Iran Tolak Buka Selat Hormuz Meski Diancam AS, Harga Minyak Naik Tipis

Bisnis | Minggu, 16 Agustus 2026 | 14:19 WIB

CORE Nilai Target Pertumbuhan Ekonomi 6 Persen dalam Asumsi APBN Terlalu Optimistis

CORE Nilai Target Pertumbuhan Ekonomi 6 Persen dalam Asumsi APBN Terlalu Optimistis

Bisnis | Minggu, 16 Agustus 2026 | 14:18 WIB

Traveling Makin Praktis, Sewa Mobil Kini Bisa Dipesan Lewat Aplikasi

Traveling Makin Praktis, Sewa Mobil Kini Bisa Dipesan Lewat Aplikasi

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 14:11 WIB

Gempa Bumi Flores, BRI Prioritaskan Keselamatan Nasabah dan Pekerja: BRI Peduli Salurkan Bantuan

Gempa Bumi Flores, BRI Prioritaskan Keselamatan Nasabah dan Pekerja: BRI Peduli Salurkan Bantuan

Kalbar | Minggu, 16 Agustus 2026 | 14:11 WIB

Apakah Anak-Anak Perlu Sunscreen? Ini Jawaban dan Panduan Memilihnya

Apakah Anak-Anak Perlu Sunscreen? Ini Jawaban dan Panduan Memilihnya

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 14:10 WIB

Di Tengah Gempa Bumi Flores,  BRI Jaga Layanan Perbankan dan Pastikan Bantuan BRI Peduli Hadir

Di Tengah Gempa Bumi Flores, BRI Jaga Layanan Perbankan dan Pastikan Bantuan BRI Peduli Hadir

Sumbar | Minggu, 16 Agustus 2026 | 14:06 WIB

Bareskrim Ungkap Modus Pengolahan Emas Ilegal di Apartemen Sunter

Bareskrim Ungkap Modus Pengolahan Emas Ilegal di Apartemen Sunter

News | Minggu, 16 Agustus 2026 | 14:05 WIB

BRI Pastikan Bantuan BRI Peduli Hadir Cepat Untuk Korban Gempa Bumi Flores

BRI Pastikan Bantuan BRI Peduli Hadir Cepat Untuk Korban Gempa Bumi Flores

Sumsel | Minggu, 16 Agustus 2026 | 14:01 WIB

Loki Season 1: Petualangan Multiverse yang Mengubah Karakter Sang Dewa Penipu

Loki Season 1: Petualangan Multiverse yang Mengubah Karakter Sang Dewa Penipu

Your Say | Minggu, 16 Agustus 2026 | 14:00 WIB

5 Perbedaan Serum Retinol vs Bakuchiol, Mana yang Aman untuk Kulit Sensitif?

5 Perbedaan Serum Retinol vs Bakuchiol, Mana yang Aman untuk Kulit Sensitif?

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 14:00 WIB

×