facebook

Apakah Stroke Bisa Sembuh? Begini Penjelasannya

Yasinta Rahmawati
Apakah Stroke Bisa Sembuh? Begini Penjelasannya
Ilustrasi gambar orang terkena stroke. (freepik)

Stroke adalah penyakit yang menyerang secara tiba-tiba, serta berkembang secara dramatis pada beberapa jam pertama. Lalu, apakah stroke bisa sembuh?

Suara.com - Stroke adalah penyakit aktif dan progresif dan umumnya menyerang secara tiba-tiba, serta berkembang secara dramatis pada beberapa jam pertama. Dalam beberapa hari pertama, cedera dan kecacatan akibat stroke biasanya mencapai puncak maksimum dan kemudian stabil. Lantas, apakah stroke bisa sembuh? Begini penjelasannya.

Diketahui, stroke dapat menyebabkan hilangnya fungsi secara permanen. Efek jangka panjang dari stroke tergantung pada bagian otak mana yang rusak dan seberapa banyak. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa setelah stroke, sedikit lebih dari sepertiga orang memiliki kecacatan yang memengaruhi aktivitas sehari-hari mereka.  

Jenis kecacatan yang paling umum setelah stroke adalah gangguan bicara, keterbatasan kemampuan fisik, kelemahan atau kelumpuhan anggota badan pada satu sisi tubuh, kesulitan menggenggam atau memegang sesuatu, dan kemampuan berkomunikasi yang melambat. Adapun gejala selengkapnya yakni sebagai berikut ini:

  • Kesulitan dalam menemukan kata-kata yang tepat atau memahami apa yang dikatakan orang lain (afasia atau disfasia)
  • Kelemahan pada otot yang membantu bicara (disartria)
  • Disfungsi koneksi saraf antara otak dan mulut Anda, membuat sulit berbicara (dispraxia)
  • Masalah membaca dan menulis yang disebabkan oleh tangan yang lemah untuk menulis atau masalah berpikir atau melihat.
Ilustrasi gejala awal stroke. (Pixabay)
Ilustrasi gejala awal stroke. (Pixabay)

Apakah Stroke Bisa Sembuh?

Baca Juga: Ketahui Cara Mengukur Tekanan Darah yang Benar di Rumah Serta Manfaatnya Dibanding Melakukan di Klinik

Apakah stroke bisa sembuh? Melansir dari sejumlah sumber, perawatan dini dan rehabilitasi setelah stroke dapat meningkatkan pemulihan dan banyak orang mendapatkan kembali banyak fungsi dalam otak dan tubuhnya.

Jenis profesional kesehatan yang dapat membantu pemulihan penderita stroke bergantung pada jenis stroke yang Anda hadapi. Namun, langkah pertama yang baik untuk perawatan stroke adalah berbicara dengan dokter atau tim rehabilitasi, yang mana mereka dapat membantu Anda secara langsung atau merujuk Anda ke profesional kesehatan lainnya.

Selain dokter, ada sejumlah profesional kesehatan lainnya yang dapat menawarkan bantuan pada penderita stroke untuk proses pemulihannya. Adapun profesional kesehatan tersebut meliputi:

  • psikolog klinis
  • neuropsikolog
  • terapis okupasi
  • ahli fisioterapi
  • psikiater
  • perawat rehabilitasi
  • pekerja sosial
  • ahli patologi bicara

Bukan hanya itu, bantuan keluarga di rumah dan perawatan yang baik juga bisa sangat membantu Anda untuk proses penyembuhan. Oleh karena itu, tetap terhubung dengan keluarga dan teman, atau bergabung dengan kelompok pendukung dengan orang lain yang mengalami stroke juga dapat membantu kesejahteraan fisik dan emosional Anda. Sehingga membantu proses penyembuhan.

Kontributor : Ulil Azmi

Baca Juga: Dinilai Paling Menyehatkan, Penelitian Kembali Buktikan Diet Mediterania Bagus untuk Kesehatan Jantung

Komentar